Jumat, 20 April 2018 | 17:51:37 WIB

Dankormar Resmikan Batalyon Polisi Militer Marinir

Selasa, 8 Desember 2015 | 18:16 WIB
Dankormar Resmikan Batalyon Polisi Militer Marinir

Dankormar Mayjend TNI (Mar) Buyung Lalana meresmikan Batalyon Polisi Militer Marinir. (FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

SURABAYA, LINDO – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjend TNI (Mar) Buyung Lalana, melikuidasi Batalyon Provos Marinir dan sekaligus meresmikan Batalyon Polisi Militer Marinir,  di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya (Jawa Timur), Senin (7/12).

Kegiatan tersebut dihadiri Mayjen TNI (Mar) Purn.Soenarko GA, Wadan Kobangdikal Brigjen TNI (Mar) Gunung Heru TWJ, SH, Danpuspomal Laksma TNI Muchamad Richad, Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, Danpasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Hasanudin, para Asisten Dankormar, para Asisten Danpasmar-1 dan para pejabat Marwiltim sertaparapejabatteras TNI/Polriwilayah Surabaya.

Saat ini Komandan Batalyon Polisi Militer-1 Marinir dijabat oleh Mayor Laut (PM) Cholid Bambang Wahyudi dan Komandan Batalyon Polisi Militer-2 Marinir dijabat oleh Letkol Marinir S. Tarigan.

“Kita patut berbangga karena dapat menghadiri upacara ini dan sekaligus menjadi saksi atas terbentuknya Satuan yang merupakan bagian dari langkah strategis, dalam rangka pengembangan kekuatan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) pada umumnya dan Korps Marinir (Kormar) pada khususnya, yaitu Batalyon Polisi Militer Marinir yang merupakan perubahan nama dari Batalyon Provos Marinir,” terang Dankormar Mayjend TNI (Mar) Buyung Lalana.
 
Sebagaimana diketahui lanjutnya, Batalyon Provos Marinir mempunyai tugas menyiapkan kekuatan dan membina kemampuan unsur Provos guna pelaksanaan tugas bantuan Provos dalam rangka pelaksanaan operasi amfibi oleh Satuan TNI AL dan atau operasi lainnya,

Hal ini kata Dankormar, menunjukkan ruang lingkup tugas yang diemban sangatlah terbatas, terutama dalam rangka penindakan dan penegakan hukum serta penanganan pada situasi peperangan.

“Berdasarkan pemikiran tersebut Korps Marinir (Kormar) sebagai pasukan pendarat amfibi sangat membutuhkan bantuan fungsi Polisi Militer yang selama ini tidak dapat dilaksanakan oleh Provos Marinir dalam setiap pelaksanaan operasi militer perang maupun operasi militer selain perang,” kata Mayjend TNI (Mar) Buyung Lalana.
 
Oleh karena itu tambahnya, dibentuklah Satuan Batalyon Polisi Militer Marinir  yang mempunyai tugas menyiapkan kekuatan dan membina kemampuan unsur-unsur bantuan kepolisian militer, penegak hukum, disiplin, tatatertib, penanganan disertir, yudhakelana, tawanan perang, tahanan operasi, interniran perang dan pengendalian pengungsian penduduk dalam pelaksanaan operasi amfibi serta operasi lainnya.

Batalyon Polisi Militer Marinir disingkat Yonpommar, terdiridari Yonpom-1 Mar berkedudukan di bawah Membanpur-1 Mar Pasmar-1, sedangkan Yonpom-2 Mar berkedudukan di bawah Menbanpur-2 Mar Pasmar-2.

Dengan diresmikankan perubahan Batalyon Provos Marinir menjadi Batalyon Polisi Militer Marinir, agar para Komandan Pasmar dan jajaran terkait segera mengadakan penyesuaian dan adakan koordinasi baik dengan Satuan samping maupun Satuan atas.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait atas kerja keras dan partisipasi baik secara moril maupun materil dan mengucapkan selamat kepada seluruh prajurit Korps Marinir atas diresmikannya Satuan Batalyon Polisi Militer Marinir,” ujar Dankormar.

Upacara tersebut dimeriahkan dengan demontrasi ketangkasan prajurit yaitu bela diri wushu Merpati Putih.

Berita Terkait