Rabu, 17 Oktober 2018 | 12:52:48 WIB

Prajurit Menbanpur-1 Marinir Laksanakan UNPD Renang Laut

Selasa, 14 Februari 2017 | 20:09 WIB
Prajurit Menbanpur-1 Marinir Laksanakan UNPD Renang Laut

Suasana Prajurit Menbanpur-1 Marinir melaksanakan Uji Nilai Perorangan Dasar (UNPD) Renang Laut. (FOTO : PASMAR1/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dalam rangka melaksanakan pembinaan keterampilan perorangan dasar, prajurit Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir (Menbanpur-1 Mar) melaksanakan Uji Nilai Perorangan Dasar (UNPD) Triwulan (TW) I Tahun Anggaran (TA) 2017 renang laut, di Dermaga Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (14/2).  Pada pelaksanaan UNPD TW I TA 2017 renang laut ini, dipimpin oleh Danyonzeni-1 Marinir Letkol Didik Widiyoko sebagai pimpinan uji.
 
“Uji Nilai Perorangan Dasar (UNPD) pada materi renang laut ini, merupakan salah satu cara untuk menguji kemampuan dasar khusus pertahanan di air bagi seluruh anggota Menbanpur-1 Mar.  Renang laut merupakan tantangan tersendiri disamping untuk menguji kemampuan dasar tiap prajurit, juga menjaga naluri tempur dan mental prajurit tetap terjaga,” Letkol Didik Widiyoko.
 
Kegiatan ini lanjutnya, dilaksanakan selama dua hari dari 13-14 Pebruari 2017 dengan menempuh jarak kurang lebih 1000 meter dan menggunakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL), yang melibatkan tujuh satuan pelaksana dibawah jajaran Menbanpur-1 Mar.

Pada hari pertama renang laut dilaksanakan oleh empat Satlak Menbanpur-1 Mar, antara lain Yonzeni-1 Mar, Yonangmor-1 Mar, Yonkes-1 Mar dan Kima Menbanpur-1 Mar.  Sedangkan untuk hari kedua dilaksanakan oleh tiga Satlak yaitu Yonbekpal-1 Mar, Yonkomlek-1 Mar dan Yonpom-1 Mar.
 
Pada kesempatan tersebut, Pasi 2/Ops Yonzeni-1 Mar Kapten Marinir Achmad Munthohar selaku Perwira Pelaksana Uji, menyampaikan kepada peserta uji renang laut untuk tetap mengikuti setiap arahan dan memperhatikan prosedur keamanaan pelaksanaan renang laut dari pelatih.

“Sehingga tujuan dari pelaksanaan uji nilai perorangan dasar UNPD TW. I TA 2017 renang laut ini tercapai dengan sukses tanpa suatu kendala apapun.  Keberhasilan uji nilai renang laut tidak akan ada artinya apabila terdapat korban atau cedera dalam pelaksanaannya, sebaliknya uji nilai renang laut ini akan berhasil apabila semua personil selamat,” ujar Kapten Marinir Achmad Munthohar.

Berita Terkait