Senin, 11 Desember 2017 | 18:16:37 WIB

Ini Imbauan Ulama dan Ormas Islam Jelang Pilkada DKI 2017

Rabu, 15 Februari 2017 | 14:42 WIB
Ini Imbauan Ulama dan Ormas Islam Jelang Pilkada DKI 2017

Forum Umat Islam menggelar jumpa pers terkait Pilkada DKI Jakarta. (FOTO: BAMBANG/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Para pimpinan ormas Islam yang tergabung dalam Forum Umat Islam mengimbau dalam pemilihan kepala daerah DKI Jakarta agar masyarakat dapat memilih calon gubernur seorang muslim.

Menjelang Pilkada DKI 2017 dan mulai naiknya suhu politik ibukota, puluhan ulama beserta ormas Islam menggelar doa bersama di Masjid Istiqlal. Silaturahmi Akbar tersebut melahirkan Risalah Istiqlal yang menjadi pedoman bagi umat memilih pemimpin muslim yang baik pada Pilkada mendatang.

"Sejarah mencatat bahwa negara ini merdeka karena dipimpin para ulama, kyai, dai, dan tokoh Islam. Sudah saatnya umat bersatu memilih pemimpin muslim yang baik dan amanah," kata Panglima Laksar Front Pembela Islam, Maman Suryadi dalam keterangan resminya, Selasa (14/2).

Menurutnya, salah satu kriteria pemimpin yang baik adalah orang yang beriman. Bukan pemimpin kasar, arogan, dan suka menggusur rakyat.

"Kita doakan DKI dipimpin pemimpin baru. Pemimpin yang cinta umat. Siapa pemimpin terbaik? Yaitu orang yang beriman," katanya.

Menurut Maman Suryadi, tidak ada politik praktis di masjid kalau itu adalah berbicara tentang partai atau menyerukan memilih kandidat tertentu. Tetapi, berbicara mengenai dakwah siyasah syar'iyyah, menjadi tugas para tokoh untuk menyampaikannya kepada umat Islam.

"Yang datang di Istiqlal dari kyai hingga anak-anak dan panti asuhan. Kenapa? Karena tokohnya mau bersatu. Kita sudah lobi, tidak ada lagi kelompok muslim yang golput," katanya.

Sementara itu, Ustat Bernard dari Komisi Nasional Anti Permurtadan mengatakan, dari masjid sebuah peradaban dibangun. Dari masjid harus lahir pemimpin Muslim. "Masjid Istiqlal artinya masjid yang menghadirkan kemerdekaan. Adalah masjid yang membela kaum lemah, menghadirkan kesejahteraan," katanya.

Sedangkan, Presiden Asean Muslim Zainuddin Arsyad mengimbau agar umat Islam tak termakan isu yang tidak benar di media sosial. "Jangan sampai kalah oleh suara di media sosial yang belum tentu benar. Tunjukkan kita juga punya banyak cara melawan balik," katanya.

Usai melakukan jumpa pers, para ulama dan tokoh islam itu melahirkan kesepakatan bersama terkait menyikapi Pilkada DKI, Rabu (15/2). Ini menjadi sikap politik yang diharapkan menjadi pedoman bagi ummat Islam dan partai politik dalam memilih Gubernur DKI Jakarta.

Acara yang digelar oleh Aliansi Peduli Ummat tersebut merupakan kegiatan gabungan antar ormas Islam yang tergabung dalam Forum Umat Islam. (BAMBANG)

EDITOR : ALDY MADJIT

Berita Terkait

Baca Juga