Rabu, 18 Juli 2018 | 09:51:20 WIB

Komandan Kontingen Garuda Unifil Kunjungi KRI Bung Tomo 357

Minggu, 26 Februari 2017 | 02:43 WIB
Komandan Kontingen Garuda Unifil Kunjungi KRI Bung Tomo 357

(FOTO: PDMC Chief MCOU UNIFIL/LINDO)

LEBANON, LINDO - Untuk mempererat dan menjaga silaturrahmi sesama Satgas Kontingen Garuda di Lebanon, serta untuk lebih mengenal satgas satgas di bawah Komandonya, Komandan Kontingen Garuda TNI UNIFIL yang baru melaksanakan serah terima jabatan pada tanggal 16 Desember 2016 lalu oleh Kolonel Inf Surya Wibawa S beserta para Komandan Satgas KONGA se UNIFIL berkunjung ke KRI Bung Tomo-357, Minggu (19/2).

Kedatangan orang nomor satu di Kontingen Garuda itu langsung disambut oleh Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo beserta para Prajurit Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL di Geladak Heli KRI Bung Tomo-357.

Perwira lulusan Akmil Tahun 1995 ini beserta rombongan kemudian menuju ke haluan kapal untuk foto bersama dilanjutkan dengan Ship Tour ke beberapa pos tempur antara lain pusat kendali kapal anjungan, pusat informasi tempur dan geladak senjata.

Selama Ship Tour, Komandan Kontingen Garuda TNI yang didampingi oleh Komandan Komandan Satgas lainnya dengan antusias mengikuti dan memperhatikan penjelasan Komandan Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL tentang peranan KRI Bung Tomo-357 selama melaksanakan misi perdamaian di Laut Mediterania Lebanon.

Selain itu, Komandan KRI juga menjelaskan bahwa untuk mengemban misi PBB khususnya Satgas yang tergabung dalam Maritime Task Force  (MTF), dibutuhkan kesiapan Kapal perang yang tangguh dan Prajurit-Prajurit yang profesional.

Oleh karena itu, menurutnya KRI Bung Tomo-357 dipilih oleh TNI karena KRI ini dilengkapi dengan senjata-senjata strategis serta peralatan modern lainnya. Hal tersebut terbukti bahwa KRI Bung Tomo-357 senantiasa menjadi salah satu andalan bagi MTF.

Di sisi lain, selama menjalankan misi di Lebanon, para Prajurit KRI Bung Tomo-357, juga telah memberikan andil yang besar dalam membangun diplomasi bangsa khususnya melalui pengenalan seni dan budaya tradisional Indonesia, dimana para Prajurit Laut tersebut telah mendukung program KBRI dan UNIFIL dengan tampil pada beberapa event penting di Lebanon yang menampilkan kesenian asli bangsa Indonesia ke masyarakat Lebanon. Dengan demikian, hingga saat ini KRI Bung Tomo-357 selalu menjadi favorit bagi masyarakat Lebanon untuk dikunjungi.

Kegiatan Ship Tour selesai dilanjutkan dengan ramah tamah dan pemutaran video Profil Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL di Lounge room Perwira KRI Bung Tomo-357.

Sebelum meninggalkan KRI, Komandan Kontingen Garuda TNI UNIFIL Kolonel Inf Surya Wibawa S berpesan kepada para Prajurit Satgas Maritim TNI untuk selalu memberikan yang terbaik kepada TNI, bangsa dan negara Indonesia dengan bekerja secara ikhlas dan profesional serta senantiasa menjaga nama baik TNI dimanapun berada.

Turut hadir pada kunjungan ini, Dansatgas SEMPU Letkol Cpm Joni Kuswaryanto, SH, Dansatgas FPC Mayor Inf I Made Putra S, Dansatgas MCOU Mayor Inf Rooy Chandra Sihombing, Dansatgas CIMIC Mayor Arh Choirul Huda dan Wadansatgas Indobatt Mayor Inf Muhammad Tamami, S.Sos serta beberapa Perwira Satgas Kontingen Garuda TNI UNIFIL lainnya. (PDMC Chief MCOU UNIFIL)

Berita Terkait