Senin, 18 Juni 2018 | 05:15:38 WIB

Menteri Jonan Heran Virus HIV/AIDS dari Monyet

Minggu, 13 Desember 2015 | 02:41 WIB
Menteri Jonan Heran Virus HIV/AIDS dari Monyet

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan saat melakukan sidak ke bandara Soetta, Tangerang, Banten, (FOTO: IST/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan tidak menyangka mengenai asal muasal virus HIV/AIDS terjangkit pada tubuh manusia. Jonan menyebutkan, sebelum memberikan sambutan pada acara peringatan Hari Aids menanyakan kepada Menteri Kesehatan Nila Moelok mengenai awal mula adanya virus HIV/AIDS.

"Asal muasal penyakit ini dari mana?, katanya dari monyet, kok bisa yah, mungkin dari gigitan, digigit monyet bisa," kata Jonan di Kantornya, Jakarta, Minggu (6/12).

Lanjut Jonan, penyebaran virus HIV/AIDS harus segera ditanggulangi, apalagi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini menjadi leading sector program penanggulangan HIV/AIDS.

Jonan mengatakan, seseorang yang terjangkit penyakit HIV/AIDS dikarenakan adanya upaya yang sangat ekstra dari orang yang terjangkit tersebut.

"Penularan ini perlu upaya sungguh-sungguh yang luar biasa, kalau tertular berarti memang sudah niat, sama seperti kok hamil lagi gak sengaja, masa iyah main gak sengaja," tambahnya.

Lanjut Jonan, upaya yang sungguh-sungguh dimaksudkan lantaran, virus HIV/AIDS tidak akan tertular jikalau hanya sebagai bersentuhan tangan, atau sampai minum air dengan satu gelas secara bersamaan.

"Ini membutuhkan upaya sangat luar biasa, tidak bisa kalau minum itu tertular, ciuman tidak bisa, kalau sampai luka bisa, maka perlu upaya yang sangat besar kalau sampai terjangkit," tandasnya. (OK)

Berita Terkait