Minggu, 19 November 2017 | 20:49:53 WIB

FIFA Hukum Lionel Messi Tampil di Empat Laga

Rabu, 29 Maret 2017 | 03:35 WIB
FIFA Hukum Lionel Messi Tampil di Empat Laga

Lionel Messi saat gagal memasukan gol ke gawang Chile (FOTO: FIFA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebuah pukulan telak harus dirasakan Tim Nasional (Timnas) Argentina. Hanya beberapa jam jelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Bolivia, Rabu (29/3), sang kapten Lionel Messi dijatuhi hukuman. Tak tanggung-tanggung, La Pulga dilarang tampil hingga empat laga bersama Albiceleste.   

Apa penyebabnya? Semua bermula ketika Argentina menjamu Chile pada Jumat (24/3) lalu. Laga yang berlangsung di Buenos Aires itu dimenangi tim "Tango" lewat gol semata wayang Messi. Akan tetapi, kemenangan itu ternyata berbuntut panjang.

Awalnya, segala sesuatunya berjalan seperti biasanya bagi Argentina; menang dengan tambahan tiga poin. Tak ada kabar yang berhembus tentang hukuman yang akan dijatuhkan kepada Messi.

Namun, alur cerita berubah drastis hari ini setelah Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) menjatuhkan hukuman kepada penggawa Barcelona itu. Penyebabnya, Messi dinyatakan bersalah karena telah menghina asisten wasit yang memimpin partai Argentina vs Chile. Hukuman itu juga dilengkapi denda sebesar 10.000 Swiss francs.

"Keputusan ini sudah sejalan dengan peraturan Komite Disiplin FIFA dalam kasus-kasus sebelumnya," ujar pernyataan resmi FIFA.      

Kehilangan Messi tentu menjadi beban tambahan bagi Argentina. Pasalnya, posisi mereka menuju Russia tahun depan belumlah aman.

Hingga partai ke-13, skuat asuhan Edgardo Bauza berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan torehan 22 poin. Akan tetapi, posisi mereka masih rawan tergeser karena hanya berselisih satu poin dengan Kolombia yang berada tepat di bawahnya dan terpaut dua angka dari Ekuador di posisi kelima--sebagai posisi play-off.  

Selain melewati partai melawan Bolivia, Messi juga akan absen pada pertandingan menghadapi Uruguay (31 Agustus), Venezuela (5 September), dan Peru (5 Oktober). Dengan menyisakan lima laga sisa, artinya Messi baru bisa tampil ketika melawat ke markas Ekuador pada 10 Oktober mendatang.

Meski demikian, hukuman ini diprediksi masih akan memiliki kisah cukup panjang karena Federasi Sepakbola Argentina (AFA) berencana bakal mengajukan banding kepada Komite Disiplin FIFA. Menarik ditunggu seperti apa akhir ceritanya. (BOLA)

EDITOR : ALDY MADJIT

Berita Terkait

Baca Juga