Minggu, 19 November 2017 | 20:50:31 WIB

Brasil-nya Tite, Brasil yang Bahkan Bikin Kagum Messi

Rabu, 29 Maret 2017 | 03:41 WIB
Brasil-nya Tite, Brasil yang Bahkan Bikin Kagum Messi

Sejumlah Pemain Timnas Brasil saat melakukan sesi latihan di Stadion Mineirao, Brazil, Selasa (28/3). (FOTO: REUT/LINDO)

BRASIL, LINDO - Jika Anda menarik perhatian seorang Lionel Messi, bisa jadi Anda adalah sosok —atau sesuatu, atau sebuah tim— yang spesial.

Well, yang kami sebut “Anda” di sini sebenarnya adalah sebuah tim. Tim Nasional Brasil, tepatnya, yang kini ditangani oleh Adenor Leonardo Bacchi atau yang biasa dikenal dengan nama pendeknya: Tite.

Tite bukanlah Dunga, yang dipecat setelah Brasil tampil buruk di Copa America Centenario. Jika Dunya penuh kompromi dan merasa tidak apa-apa melihat timnya bermain pragmatis, Tite mengembalikan Brasil menjadi salah satu tim paling ofensif di jagat sepak bola.

Terhitung sejak September 2016, Brasil yang ditangani Tite sukses meraih delapan kemenangan dalam delapan pertandingan. Tidak sekalipun imbang, tidak sekalipun kalah. Sempurna.

Tite sukses memaksimalkan komposisi skuat Brasil yang kini diisi oleh pemain-pemain seperti Neymar, Gabriel Jesus, Roberto Firmino, hingga Philippe Coutinho —plus pemain yang bisa menjadi penyeimbang semisal Casemiro dan Fernandinho.

Total, dalam delapan pertandingan tersebut, Brasil mencetak 22 gol dan hanya kebobolan 2 gol. Yang teranyar, mereka menghantam raksasa Amerika Latin lainnya, Uruguay, dengan skor telak 4-1 pada kualifikasi Piala Dunia 2018.

Dengan lonjakan performa seketika ini, masa kelam Brasil bersama Dunga pun lewat dan seolah tak pernah terjadi. Di klasemen kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL, Brasil kini duduk di posisi teratas dengan koleksi 30 poin, unggul tujuh poin atas Uruguay yang berada di posisi kedua.

Sementara itu, Argentina yang dibela Messi tidak terlalu apik. Dalam lima pertandingan terakhir di kualifikasi Piala Dunia 2018, “Tim Tango” meraih dua kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kali kalah. Namun, terakhir kali berlaga, Argentina sukses menekuk Chile 1-0.

Catatan ini, menurut Neymar, tak pelak membuat Messi kagum dengan sendirinya. Namun, kata Neymar lagi, sesungguhnya dengan torehan luar biasa selama delapa pertandingan ini, tidak hanya Messi seorang yang terbelalak.

“Bukan hanya perhatiannya (Messi), tim Brasil yang sekarang sudah menarik perhatian banyak orang lainnya,” ujar Neymar seperti dilansir Goal.

“Alasannya jelas, permainan yang kami tampilkan sedang bagus-bagusnya. Kami berusaha untuk menampilkan permainan yang menarik. Jika ada tim dengan kualitas seperti kami, dan berusaha sebaik mungkin untuk menampilkan yang menarik, kami jelas sulit untuk ditaklukkan.”

“Inilah mengapa kami menarik perhatian semua orang,” kata Neymar.

Selanjutnya, Brasil akan menjamu Chile di kualifikasi Piala Dunia 2018, 28 Maret 2017 waktu setempat. Chile saat ini berada di posisi keenam zona CONMEBOL dengan ketertinggalan 10 poin dari Brasil.

Catatan tim besutan Juan Antonio Pizzi itu tak terlalu baik. Dalam lima pertandingan terakhir di kualifikasi Piala Dunia 2018, Chile hanya mampu meraih dua kemenangan. Sisanya, mereka dua kali kalah dan satu kali bermain imbang. (KUMPARAN)

EDITOR : ALDY MADJIT

Berita Terkait

Baca Juga