Selasa, 14 Agustus 2018 | 21:13:56 WIB

Mulai 10 April 2017 Kemnaker Berlakukan Sistem Parkir Berbayar

Kamis, 6 April 2017 | 19:46 WIB
Mulai 10 April 2017 Kemnaker Berlakukan Sistem Parkir Berbayar

JAKARTA, LINDO - Kementerian Ketenagakerjaan ((Kemnaker) akan memberlakukan sistem parkir berbayar mulai Senin, 10 April mendatang. Kebijakan itu sengaja dibuat agar areal parkir dapat tertata baik, aman dan kondusif.

Uji coba pelaksanaan parkir berbayar itu, Kemnaker akan melaksanakannya dalam tiga bulan ke depan dengan tarif plat untuk motor Rp. 1.000 dan khusus  untuk parkir mobil dikenakan tarif  Rp. 2.000/jam.

"Kebijakan ini merupakan bagian dari penataan perparkiran di lingkungan kantor Kemnaker. Sejauh ini sejumlah kementerian lain juga telah menerapkan parkir berbayar, seperti di gedung kantor Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup," kata Kepala Biro Umum Kemnaker Sumarno, di Jakarta, Kamis (6/4).

Jumlah kendaraan yang parkir di kantor Kemnaker lanjutnya, telah diatas kapasitas. Per hari mobil yang parkir mencapai 600 – 700 mobil padahal kapasitas parkir hanya 450 kendaraan.

Kondisi itu kata Sumarno, diperparah dengan diinapkannya puluhan mobil di areal parkir berbulan - bulan lamanya.

Data yang dihimpun Biro Umum Kemnaker, sebanyak 60 mobil diinapkan dan setelah diberi teguran tinggal 23 kendaraan yang masih belum dipindahkan.

"Kenyataan lain, banyak karyawan dari kantor - kantor lain di sekitar kawasan Kuningan memarkir kendaraannya di lahan  parkir Kemnaker. Tidak diketahui berapa banyak praktek seperi ini," ungkapnya.

Sumarno mengharapkan, dengan diterapkannya parkir berbayar ini, akan mengurangi jumlah kepadatan parkir sebab orang yang membawa kenderaan dengan keperluan tertentu tidak akan berlama – lama.

Untuk Kendaraan yang digratiskan dalam parkir berbayar ini, hanya kendaraan pejabat esolon I dan II dengan plat dinas.

“Jika pejabat bersangkutan menggunakan mobil pribadi tetap bayar,” ujar Sumarno.

     

Berita Terkait