Jumat, 19 Oktober 2018 | 16:32:03 WIB

Guspurla Koarmabar Tangkap Kapal Ikan Trawl Di Perairan Sumatera Barat

Senin, 10 April 2017 | 22:32 WIB
Guspurla Koarmabar Tangkap Kapal Ikan Trawl Di Perairan Sumatera Barat

Kapal trawl sedang berupaya melarikan diri sebelum akhirnya berhasil ditangkap oleh KRI Kapitan Patimura-371 di perairan Pulau Tangah, Sumatera Barat. (FOTO : DISPENKOARMABAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Salah satu unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di bawah kendali operasi Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guspurla Koarmabar) yang dipimpin langsung Komandan Guspurlaarmabar Laksma TNI Arsyad Abdullah, menangkap dan mengamankan kapal ikan trawl (pukat harimau) KM. AA, di perairan Pulau Tangah, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (8/4).
 
KM. AA yang sedang melakukan penangkapan ikan dengan jaring trawl tersebut, ditangkap oleh salah satu unsur Guspurla Koarmabar yakni KRI Kapitan Patimura-371 dengan proses pengejaran dari posisi awal  00° 41’ 60’’ LU - 098° 49’ 10’’  BT hingga kapal tersebut dilegokan atau dikandaskan di pantai Pulau Tangah, Sumbar.
 
Saat dilakukan penangkapan, kapal sengaja dikandaskan di pantai dan kemudian para Anak Buah Kapal (ABK)-nya berupaya melarikan diri ke hutan Pulau Tangah, namun salah satu ABK berhasil diamankan.

Dari keterangan ABK yang tertangkap, KM AA yang berbobot kurang lebih 29 GT merupakan merupakan kapal ikan berbendera Indonesia dengan jumlah ABK sebanyak 13 orang.
 
Dari hasil pemeriksaan sementara, KM AA melakukan pelanggaran berupa penangkapan ikan tanpa dilengkapi dokumen dengan menggunakan alat tangkap jaring jenis trawl (pukat harimau).  Selain itu, juga ditemukan muatan ikan campuran sebanyak kurang lebih 1 ton.
 
Berdasarkan pelanggaran tersebut, KM AA beserta satu ABK yang tertangkap dan muatannya dikawal menuju Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sibolga guna melaksanakan proses hukum lebih lanjut.
 

Berita Terkait