Sabtu, 21 Oktober 2017 | 15:37:12 WIB

Kapolda Metro Jaya Sindir Pamen yang Protes Disuruh Jaga TPS

Kamis, 13 April 2017 | 02:36 WIB
Kapolda Metro Jaya Sindir Pamen yang Protes Disuruh Jaga TPS

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan saat memberikan penghargaan pada sejumlah anak buahnya dalam melaksanakan tugas dalam sebuah apel pagi di Mapolda Jakarta. (FOTO: DETIK/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan menyentil anak buahnya yang protes ditempatkan menjaga tempat pemungutan suara (TPS). Mereka yang disentil adalah para polisi berpangkat perwira menengah (pamen).

Sentilan Iriawan diungkapkan saat memberikan sambutan dalam apel pagi di Mapolda Metro Jaya. Dia mengaku mendapat informasi kalau ada pamen yang protes disuruh jaga TPS pada pencoblosan putaran kedua Pilkada DKI.

"Kok saya pamen tapi ditempatkan di TPS. Saya juga nanti di sana," kata Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (12/4).

Iriawan mengatakan, pada kondisi pencoblosan nanti, tidak ada yang dibeda-bedakan. Semua polisi, kata dia, punya tanggung jawab sama menjaga keamanan di TPS.

"Rakyat butuh kita di TPS. Saya minta laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab," ungkap Iriawan.

Mantan Kadiv Propam Mabes Polri itu juga mengimbau anggotanya memperhatikan dengan saksama arahan dari pejabat kepolisian di masing-masing wilayah. Polisi, kata dia, harus mampu menangkal adanya potensi intimidasi dalam pencoblosan nanti.

"Kita berkewajiban menjaga itu. Dan saya minta saudara-saudara mendekat ke TPS. Berikan rasa aman kepada rakyat yang akan memberikan hak suaranya," ujar Iriawan.

Saat pengamanan pencoblosan 19 April nanti, setiap TPS bakal dikawal satu polisi. Selain itu, ada juga satu anggota TNI dan Satpol PP. Seluruh TPS di Ibu Kota jadi prioritas pengamanan petugas.

Warga Jakarta memang tegah menyambut 'babak final' Pilkada DKI. Tersisa dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang bakal jadi pilihan warga Ibu Kota.

Finalis Pilkada DKI ialah Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang ada di nomor urut 2. Pesaingnya, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno di nomor urut 3. (MTVN)

EDITOR : ALDY MADJIT

Berita Terkait

Baca Juga