Rabu, 22 November 2017 | 20:11:18 WIB

Prajurit dan PNS Makostrad Terima Penyuluhan Kesehatan

Senin, 8 Mei 2017 | 14:40 WIB
Prajurit dan PNS Makostrad Terima Penyuluhan Kesehatan

(FOTO : PENKOSTRAD/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Makostrad mengikuti penyuluhan kesehatan tentang penyakit jantung Koroner, di ruang Mandala Markas Kostrad, Jakarta Pusat, Senin (8/5). Kegiatan tersebut dilaksanakan usai melaksanakan upacara hari Senin.

Kepala Kesehatan Kostrad Kolonel Ckm dr. Fias, SpPD, SINASIM sebagai pemateri, menjelaskan tentang pentingnya pengetahuan masalah kesehatan tentang penyakit jantung.

Menurutnya, banyak hal yang membuat manusia tidak bisa beraktifitas seperti biasanya, bahkan meninggal dengan mendadak, salah satunya adalah akibat adanya gangguan pada jantung manusia.

“Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, baik muda atau tua, penyakit ini disebabkan adanya penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah koroner akibat kerusakan lapisan dinding pembuluh yang diikuti oleh penebalan dan kekakuan pembuluh tersebut, yang disebut aterosklerosis,”Jelas Kolonel Ckm dr. Fias, SpPD, SINASIM.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner, diantaranya adalah disebabkan karena Merokok, Hipertensi, Diabetes Mellitus, Diet, Tinggi Lemak, Jenuh/Stress, Kolesterol, Peningkatan Kadar Kolesterol Total, Kadar Kolesterol HDL Rendah, Obesitas dan kurang aktifitas fisik.

“Penyakit ini dapat di cegah, melalui penerapan pola hidup sehat, dengan menghindari jenis makanan yang banyak mengandung lemak atau kolestrol tinggi seperti makanan yang di goreng dan dianjurkan makanan yang diolah dengan cara direbus, panggang maupun dikukus. Berhenti merokok, menghindari stress, terakhir melakukan olah raga secara teratur,” terang Kakes Kostrad Kolonel Ckm dr. Fias, SpPD, SINASIM.

Usai penyuluhan tentang penyakit jantung, dilanjutkan dengan penyuluhan tentang bahaya Narkoba yang disampaikan oleh Lettu Ckm dr. Alfian.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang dampak negatif penggunaan dan penyebaran Narkoba, sehingga Prajurit dan PNS Makostrad mendapatkan gambaran dalam upaya mencegah diri ataupun keluarga dari pengaruh buruk serta bahaya Narkoba” terang Lettu Ckm dr. Alfian.

EDITOR : ARMAN R

Berita Terkait

Baca Juga