Rabu, 21 November 2018 | 07:12:50 WIB

Sambut Hut Lansia, Lanal Cirebon Gelar Baksos Pengobatan Gratis

Minggu, 21 Mei 2017 | 10:15 WIB
Sambut Hut Lansia, Lanal Cirebon Gelar Baksos Pengobatan Gratis

(FOTO : LANALCIREBON/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon bekerja sama dengan Yayasan Kasih Bunda Nurul Iman menyelenggarakan Bakti Sosial ( Baksos) yaitu pelayanan dan pengobatan gratis untuk para Lanjut Usia (Lansia) dan masyarakat yang kurang mampu di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon, yang dilaksanakan di Mako Lanal Cirebon Jalan Kesunean, Kecamatan Lemah Wungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (20/5).

Kegiatan Baksoal ini juga dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Lansia Nasional pada 29 Mei 2017.

Dalam Baksos tersebut, Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Tarus Rostiyadi menyampaikan, kegiatan Baksos pengobatan gratis merupakan program kerja Lanal Cirebon Tahun 2017, bidang pembinaan Potensi Maritim dan bekerjasama dengan Yayasan Kasih Bunda Nurul Iman, Sebagai wujud kepedulian Lanal Cirebon menggelar Baksos secara nyata.

"Hal ini dilaksanakan, guna mendukung program Pemerintah untuk pembangunan yang berkualitas dibidang Kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon, sehingga dapat memberikan dampak positif untuk terbangunnya kondisi kesehatan masyarakat yang lebih baik," jelas Letkol Laut (P) Tarus Rostiyadi.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Lanal Cirebon lanjutnya, memfasilitasi mendekatkan pasien dengan tempat berobat, yang selama ini pasien terkendala dengan jarak, sarana dan biaya. Kali ini Lanal Cirebon memfasilitasi pasien dengan menjemput ke rumah-rumah dan mengantar ketempat berobat serta mengantar kembali pasien pasca Pengobatan.

Menurutnya, kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai wahana meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat yang merupakan pilar kekuatan bangsa yang besar dan kita senantiasa harus membina solidaritas kebersamaan untuk menciptakan kondisi persatuan dan kesatuan nasional yang harus terus tetap dipertahankan dan ditingkatkan.

"Kami berharap kegiatan ini bisa terus terlaksana secara berkelanjutan, dengan kondisi sekarang menghadapi tantangan zaman di bidang Kesehatan semakin Kompleks dan perlu penanganan yang lebih serius sejalan dengan tingkat perekonomian masyarakat, khusus masyarakat yang tidak mampu di wilayah kota Cirebon," harapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Kasih Bunda Nurul Iman, Ibu Nurma, Direktur RS. Pelabuhan di wakili, Mantan Dir. RS. Ginung jati, Kepala KSOP, Tim Dokter dari Puskesmas Kusenean, Tim Dokter dari Puskesmas Pegambiran, Tim Balai Pengobatan (BP) Lanal Cirebon, Perwira Staf Lanal Cirebon dan tim pendukung dari Prajurit Lanal Cirebon, serta undangan lainnya.

Sedangkan untuk pasien yang sudah terdaftar dalam kegiatan Baksos tersebut berjumlah 500 orang. Kegiatan pengobatan diakhiri dengan pemberian obat-obatan kepada para pasien.

Berita Terkait