Selasa, 24 April 2018 | 15:39:29 WIB

PT Hanaco Sukses Diduga Palsukan Usia TKI Fitrianingsih

Rabu, 24 Mei 2017 | 13:05 WIB
PT Hanaco Sukses Diduga Palsukan Usia TKI Fitrianingsih

(FOTO : PROGRESNEWSINFO/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) PT Hanaco Sukses yang beralamat di Jakarta Timur (Jaktim), diduga memalsukan dokumen Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Fitrianingsih, asal Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Perusahaan tersebut diduga memalsukan usia pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)dan Akte Lahir Fitrianingsih, yang merupakan kelahiran 7 Juli 1997.

Fitrianingsih diberangkatkan oleh PT. Hanaco Sukses ke Singapura untuk bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT).

Saat diberangkatkan pada awal tahun 2017, usia Fitrianingsih masih dibawa umur, namun PT Hanaco Sukses nekat dengan merubah tahun kelahiran yang tadinya Fitrianingsih lahir tahun 1997 dirubah menjadi tahun 1993, artinya dituakan umur fitrianingsih.

Selain usia yang dipalsukan, tempat kelahiran Fitrianingsih pun di palsukan, tempat kelahiran yang sesungguhnya yang tertera didalam Ijazah Asli Sekolah Dasar Negeri 02 Pekat, Dompu, NTB.

Sementara dalam dokumen palsu, tempat kelahiran, maupun KTP, dan catatan sipil  Fitrianingsih tertera tempat kelahirannya di Kabupaten Bima.

Berdasarkan Undang-undang (UU) No. 39 Tahun 2004 Tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga kerja Indonesia Luar Negeri, dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja menyebutkan usia TKI yang menjadi Tenaga Kerja ke Singapura sekurang-kurangnya berusia 23 tahun. Artinya, saat Fitrianingsih ditempatkan ke Singapura oleh PT Hanaco Sukses masih dibawa umur.

Berita Terkait