Kamis, 18 Oktober 2018 | 08:46:41 WIB

Notaris Bina Marga DKI dan Tim Appraisal Sedang Kaji Data BKT

Jum'at, 26 Mei 2017 | 16:41 WIB
Notaris Bina Marga DKI dan Tim Appraisal Sedang Kaji Data BKT

Para warga BKT sedang menyerahkan dokumen asli pada Dinas PU Bina Marga DKI Jakarta di Lantai 14 Gedung PU, Jakarta Pusat, Jumat (4/5). (FOTO: ALDY/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, baru-baru ini melakukan sosialisasi untuk melakukan pembebasan lahan milik warga yang ada di Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Kelurahan Pondokopi, Kelurahan Duren Sawit, Kelurahan Malakasari, Kelurahan Malakajaya, di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Dalam sosialisasi itu, Dinas PU Bina Marga melakukan pemeriksaan berkas-berkas asli seperti, sertfikat tanah, akte jual beli tanah, dan surat-surat rumah lainnya.

Koordinator Pembebasan Dinas Bina Marga PU DKI Jakarta Wawan Mustofa kepada warga mengatakan pihaknya sedang menahan beberapa berkas asli milik warga yang terkena Banjir Kanal Timur (BKT) untuk melakukan validasi atau penelitian keapsahan kepemilikan surat asli yang dimiliki oleh warga.

“Saya mengundang bapak ibu saudara-saudari hari ini ke kantor saya guna melakukan silaturahmi sekaligus memberitahukan bahwa surat-surat asli yang di pegang oleh bapak ibu, sudara saudari bisa diserahkan langsung pada kami (Dinas PU Bina Marga) untuk dilakukan kroscek dan pemeriksaan oleh Dinas PU Bina Marga bersama Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) untuk di validasi ke kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) DKI Jakarta. Bapak ibu, saudara saudari percayakan pada kami agar proses pembayaran ini segera trealisasi,” kata Wawan kepada warga BKT di kantor Dinas PU Bina Marga di lantai 14, Gedung PU kawsan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Wawan menjelaskan, pihaknya melakukan hal itu guna mempercepat proses penyelesaian pengurusan pemberkasan yang menyangkut dengan BKT. Dia berharap agar warga yang terkena koridor BKT segera mempercepat menyerahkan berkas-berkas asli pada Dinas PU Bina Marga DKI Jakarta untuk dilakukan penelitian oleh tim independen atau appraisal.

“Kalau warga BKT sudah menyerahkan seluruh pemberkasan asli pada kami maka tim appraisal siap bekerja mengkaji seluruh permohonan warga yang akan dibayar oleh Dinas PU Bina Marga DKI Jakarta. Kami sudah beritahu semua hal ini pada warga beberapa waktu lalu saat pertemuan di Kantor Lurah Pulogebang dan kantor Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur,” ujar Wawan lagi.

Dalam pertemuan itu, beberapa warga yang terkena pembebasan lahan dan bangunan untuk koridor BKT menyerahkan seluruh dokumen asli berupa sertifikat tanah, akta jual beli tanah, dan sejumlah dokumen asli lainnya.

Sementara itu, informasi yang diperoleh LINDO, saat ini Tim Kuasa Hukum dari Dinas PU Bina Marga DKI Jakarta bersama Tim appraisal serta BPK sedang mengkaji seluruh dokumen asli, dan bangunan milik warga yang terkena koridor BKT. (AHMAD DAILANGI)

Berita Terkait