Sabtu, 21 Juli 2018 | 01:31:03 WIB

Tarian Mapag Sunda Sambut Danlanud Atang Sendjaja Baru

Kamis, 25 Mei 2017 | 12:44 WIB
Tarian Mapag Sunda Sambut Danlanud Atang Sendjaja Baru

(FOTO : PENLANUDATS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Marsekal Pertama (Marsma) TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., resmi menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja (Ats) yang baru menggantikan Marsma TNI Hari Budianto yang mendapat tugas di tempat yang baru sebagai Kadispotdirgaau.

Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Serah Terima Jabatan (Sertijab) tersebut, maka rangkaian selanjutnya adalah melaksanakan acara dan tradisi Passing In, di Mako Lanud Ats, Bogor, Jawa Barat (Jabar), Rabu (24/5).

Acara passing in ini dilakukan sebagai sebuah tradisi untuk menyambut dan menerima komandan yang baru. Acara Passing In diawali dengan pengalungan bunga dari Ny. Hendro Arief H (istri Danwing 4) kepada Komandan Lanud Ats yang baru Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., dan pemberian hand buket dari Danwing 4 Lanud Ats Kolonel Pnb. Hendro Arief H kepada Ny. Irwan Is. Dunggio.

Kemudian Danlanud Ats yang baru beserta istri berjalan dalam barisan jajar kehormatan dengan penghormatan pedang. Alunan lagu “Melati di Tapal Batas” mengiringi langkah Danlanud Ats yang baru, sebuah lagu yang bermakna “datangnya seorang pahlawan baru yang dinanti-nantikan”.

Dengan langkah yang pasti penuh semangat sebagai pertanda sebuah harapan baru untuk membangun Lanud Ats ke arah lebih baik, dan bukan hanya pada langkah namun juga terpancar dari wajah Danlanud Ats yang baru dalam tatapan penuh keyakinan bahwa bersama seluruh pejabat, perwira serta anggota Lanud Atang Sendjaja, dapat menjadikan Lanud Ats sebagai Lanud percontohan.
Di ujung barisan jajar kehormatan, telah menanti sekelompok penari asal daerah Sunda dengan tarian “mapag”. Tarian mapag adalah sebuah tarian penyambutan tamu kehormatan atau upacara penjemputan pejabat pemerintah untuk diantar ke singgasananya.

Dengan iringan tarian mapag, Danlanud Ats bersama istri melangkah dengan pasti menuju halaman kantor Mako Lanud dan di halaman kantor telah menunggu Danlanud Ats yang lama Marsma TNI Hari Budianto bersama istri, para Kadis berserta istri, para komandan satuan berserta, serta perwira staf. Komandan Lanud Ats tampak penuh haru menerima penyambutan dari keluarga besar Lanud Ats.

Rangkaian acara passing in selanjutnya adalah penandatanganan memorandum oleh Danlanud Ats yang lama dan Danlanud Ats yang baru.

Berita Terkait