Senin, 23 April 2018 | 01:15:23 WIB

Komandan PMPP TNI Kunjungi Satgas TNI Konga Unifil Lebanon

Jum'at, 26 Mei 2017 | 16:49 WIB
Komandan PMPP TNI Kunjungi Satgas TNI Konga Unifil Lebanon

(FOTO: PUSPEN TNI/LINDO)

LEBANON, LINDO - Sebagai wujud rasa bangga atas dedikasi Prajurit TNI dalam pelaksanaan tugas di Lebanon dan sebagai upaya untuk menumbuhkan kembali jiwa patriotisme Prajurit, Komandan PMPP (Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian) TNI Brigadir Jenderal TNI Ahmad Marzuki beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja di UNIFIL Sector West dan Sector East Lebanon, pada tanggal 15 hingga tanggal 19 Mei 2017.


Komandan PMPP TNI beserta rombongan tiba di Sudirman Camp UNIFIL HQ Sector West pada tanggal 15 Mei 2017, markas Prajurit Kontingen Garuda yang disambut langsung oleh Komandan Kontingen Kolonel Inf Surya Wibawa S didampingi Para Dansatgas TNI Konga UNIFIL, Mayor Inf Rooy Chandra Sihombing (Dansatgas MCOU), Mayor Arh Choirul Huda (Dansatgas CIMIC Unit), Mayor Laut (K) Wagiyo, S.Kep (Dansatgas Level II Hospital) serta seluruh Perwira Satgas Garuda yang berada di Naqoura diantaranya Satgas FHQSU (Force Head Quarter Support Unit), FPC (Force Protection Company), MCOU (Military Community Outreach Unit), CIMIC (Civil Military Coordination) Unit, Level II Hospital dan Perwira Staf Officer UNIFIL HQ.

Kegiatan Komandan PMPP TNI diawali dengan kunjungan kerja ke kantor Deputy Force Commader (DFC) UNIFIL Brigadier Jenderal Sandeep Bajaj pada tanggal 16 Mei 2017.  Robongan Komandan PMPP disambut hangat oleh DFC, tak luput ucapan terima kasih disampaikan oleh DFC atas peran serta Kontingen Indonesia di dalam pelaksanaan tugas UNIFIL. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan kerja ke kantor FHQSU yang berada di Old Camp UNIFIL HQ, terdapat 50 orang satgas Kontingen Garuda Indonesia yang berada di FHQSU dan mereka mengungkapkan rasa bangga atas kunjungan Komandan PMPP TNI.

Sebelum melaksanakan istirahat siang, Komandan PMPP TNI beserta rombongan meninjau Indo House yang merupakan tempat bersantai yang dimiliki Kontingen Garuda dan terletak di tepi laut Old Camp UNIFIL HQ, dari tempat ini kita dapat melihat pemandangan indah laut mediterania. Dalam kesempatan ini beliau berkenan untuk melaksanakan penanaman pohon dan berpesan agar Indo House dapat digunakan secara maksimal sebagai tempat rekreasi bagi Kontingen Garuda. Sebelum meninggalkan Soedirman Camp Komandan PMPP TNI Brigadir Jenderal TNI Ahmad Marzuki memberikan pengarahan kepada seluruh Prajurit Kontingen Garuda yang berada di UNIFIL HQ Sector West.

Komandan PMPP TNI beserta rombongan meninggalkan UNIFIL HQ Sector West pada tanggal 17 Mei 2017 dengan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Sector East UNIFIL tepatnya di Markas INDOBATT (Indonesia Battalion) dan MPU (Military Police Unit) dan disambut langsung oleh Wadan Sector East Kolonel Inf Jatmiko, Komandan Indobatt Letkol Inf Yudi Gumilar, S.Pd dan Komandan MPU Letkol CPM Joni Kuswaryanto, SH. Komandan PMPP TNI berada di Sector East selama dua hari dengan kegiatan melaksanakan peninjauan satuan, melaksanakan pertemuan dengan Komandan Sector East, ramah tamah, fotoh bersama dan memberikan pengarahan kepada seluruh Prajurit Indobatt, MPU dan Millstaf.

Pada tanggal 19 Mei 2017 Komandan PMPP TNI bersama rombongan menuju Beyrut tepatnya di KRI TOM-357/Satgas MTF yang disambut langsung oleh Dansatgas MTF Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, DMTFC-COS MTF Kolonel Laut (P) Ahmad Wibisono dan seluruh Prajurit KRI Bung Tomo-357 kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan kepada seluruh Prajurit Satgas MTF dan Foto bersama.

Komandan PMPP TNI Brigjen TNI Achmad Marsuki yang merupakan lulusan Akmil 1989 ini dalam setiap kunjungannya dibeberapa Satgas Kontingen Garuda TNI UNIFIL baik di Sector West maupun Sector East memberikan pengarahan kepada seluruh Prajuritnya. Kalian adalah Peacekeepers Indonesia, merupakan Prajurit-Prajurit pilihan yang berprestasi, profesional dan terbukti di lapangan. Oleh karena itu keimanan, ketaqwaan, disiplin, kekompakan, jiwa korsa, semangat dan kehormatan harus senantiasa dijaga dan ditingkatkan dimanapun berada dan bertugas, bersyukurlah atas kesempatan yang didapatkan dalam melaksanakan tugas sebagai Pasukan Perdamaian UNIFIL karena masih banyak anggota TNI lain yang bersusah payah untuk bisa bergabung menjadi Pasukan Pedamaian.

"Yakinlah bahwa profesi yang kita pilih adalah benar, oleh karena itu manfaatkan tugas profesi kalian sebagai TNI untuk sarana beribadah, perbanyaklah berdoa, jaga kesehatan dan berdinaslah dengan baik sehingga kerja keras kalian sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian tidak sia-sia", tegas Perwira Tinggi AD Bintang satu ini.

Diakhir kunjungannya Komandan PMPP TNI mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas semangat dan dedikasi Prajurit Satgas Garuda yang tergabung dalam Satgas UNIFIL Lebanon, jaga kekompakan di dalam setiap kegiatan, selalu berbuat terbaik, berani, tulus dan iklas di dalam pelaksanaan tugas, hindari pelanggaran sekecil apapun agar tetap bisa mengharumkan nama Indonesia di kanca Internasional, junjung tinggi nama baik Indonesia, karena kehormatan dan harga diri Bangsa Indonesia berada dipundak setiap Prajurit tegasnya. (PUSPEN TNI)

Berita Terkait