Selasa, 15 Oktober 2019 | 16:25:14 WIB

BNP2TKI Wujudkan Perlindungan Nyata Bagi Calon TKI dan TKI

Senin, 5 Juni 2017 | 23:02 WIB
BNP2TKI Wujudkan Perlindungan Nyata Bagi Calon TKI dan TKI

(FOTO : HUMASBNP2TKI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TK)I dan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusiatelah menandatangani MoU atau Nota kesepahaman tentang pendampingan hukum dan penyelesaian masalah calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan TKI purna pada 8 Mei yang ditandatangani oleh Menteri Hukum dan Ham, Yasona Laolly dan ditandatangani oleh Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid pada 31 Mei 2017 lalu.

Menurut Kepala BNP2TKI Nusron Wahid, Nota Kesepahaman yang telah ditanda tangani ini untuk mewujudkan secara nyata perlindungan kepada calon TKI maupun TKI.

“Kegiatan iniuntuk menghadirkan kembali negara dalam melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa amankepada seluruh warga negaraIndonesia, serta Melindungi hak dan keselamatan warga negara Indonesia di luar negeri, khususnya pekerja migran,” terang Kepala BNP2TKI Nusron Wahid.

Dalam acara Press Conferences yang dilaksanakan pada Senin,(5/6), dengan Narasumber Dirjen Imigrasi Kemenkumham Ronny F. Sompie, Sekretaris Utama BNP2TKI Hermono, dan turut dihadiri oleh Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid, Deputi Perlindungan, Teguh Hendro Cahyono, Deputi Penempatan, Agusdin Subiantoro, Deputi KLN dan Promosi, Elia Rosalina beserta jajaran eselon II Imigrasi Kemenkumham dan BNP2TKI.

Sekretaris Utama BNP2TKI Hermono, mengatakan, ruang lingkup kerjasama ini meliputi Sosialisasi, Penyuluhan dan konsultasi hukum, Peningkatan kualitas terhadap Paralegal, serta Pemberian bantuan hukum litigasi dan non litigasi.

“Diharapkan tercipta kondisi migrasi yang aman untuk bekerja keluar negeri bagi para pekerja migran, sehingga CalonTKI dapat terlindungi di dalam negeri,TKI yang sudah berangkat tidak terlantar di luar negeri dan TKI tidak miskin dan sengsara saat kembali," harap Hermono.

Berita Terkait