Jumat, 20 Oktober 2017 | 03:09:37 WIB

Danramil 08/Duren Sawit Beri Pemahaman Pengamalan Pancasila Kepada Siswa SMKN 48

Sabtu, 10 Juni 2017 | 12:59 WIB
Danramil 08/Duren Sawit Beri Pemahaman Pengamalan Pancasila Kepada Siswa SMKN 48

(FOTO : KODIM0505/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Koramil 08/Duren sawit, Kodim 0505/Jakarta Timur menyelenggarakan kegiatan pemahaman pengamalan pada Pekan Pancasila, di SMK Negri 48, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren sawit, Jakarta Timur, Jumat (9/6).

Komandan Koramil (Danramil) 08/Duren Sawit Kapten Arh Sianturi dalam arahannya kepada siswa SMKN 48 Klender, mengatakan kegiatan pemahaman pengamalan Pancasila diselengarakan bertujuan untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang butir-butir Pancasila terhadap para pelajar di SMKN 48, agar siswa siswi generasi penerus bangsa mempunyai kenyakinan yang kuat terhadap ideologi Pancasila.

Menurutnya, Pekan Pancasila yang diselenggarakan untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang butir-butir Pancasila dan untuk mempersatukan para generasi muda bangsa terhadap Pancasila, sehingga dengan kokohnya pemuda dalam kebhinekaan tunggal ika seluruh komponen Bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sesuai dengan adat ketimuran dan tradisi bangsa Indonesia.

“Pancasila juga merupakan tonggak pegangan hidup masyarakat yang memiliki pribadi bangsa Indonesia, dengan corak yang berbeda-beda , bahasa, berpulau-pulau, akan tetapi tetap satu tujuan bhineka tunggal ika yang merupakan kultur dalam kehidupan bangsa indonesia,” terang Kapten Arh Sianturi.

Sangatlah penting lanjutnya, untuk menanamkan jiwa pancasila kepada para generasi muda penerus bangsa yang bermartabat sehingga nantinya generasi muda dapat berkembang dalam memajukan bangsa dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, sebagai bekal generasi penerus bangsa yang kokoh dan kuat.

Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan Pekan Pancasila tersebut, antara lain Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Peraturan baris berbaris (PBB) dan Bahaya Narkoba.

Sementara itu, Kepala SMK Negri 48 Ibu Yayah, Spd, sangat mengapresiasi kegiatan pengamalan , penghayatan Pancasila yang di sampaikan Danramil 08/Duren sawit beserta Anggota Babinsanya .  Kami berharap kegiatan lanjutan dapat diterapkan kembali agar siswa-siswi SMKN 48 mempunyai dedikasi dan disiplin yang baik,” harap ibu Yayah.

EDITOR : ARMAN R

Berita Terkait

Baca Juga