Rabu, 22 November 2017 | 20:10:57 WIB

Walikota Jaktim: Kali Ciliwung akan Dijadikan Pusat Wisata Air

Rabu, 16 Desember 2015 | 23:12 WIB
Walikota Jaktim: Kali Ciliwung akan Dijadikan Pusat Wisata Air

Warga sedang melihat kali Ciliwung, Jakarta Timur, usai kebanjiran. (FOTO: IST/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur akan menjadikan Ciliwung sebagai tempat wisata air dengan menggelar berbagai festival, setelah proses normalisasi rampung 100 persen. 

Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana mengatakan, dengan adanya banyak festival yang digelar di Ciliwung secara otomatis akan membuka peluang usaha baru bagi para pedagang kaki lima (PKL) atau usaha kecil menengah sekaligus menambah gerak roda perekonomian di Jaktim.

“Kalau program normalisasi Ciliwung sudah rampung, akan kita tata sedemikian rupa. Sehingga Ciliwung ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan festival. Dengan demikian maka Ciliwung dapat dijadikan pusat pariwisata bernuansa air bagi warga Jakarta,” ujar Bambang pada wartawan dikatornya, di kawasan Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (16/12).

Lanjut Bambang meminta pada seluruh lapisan masyarakat, terutama mereka yang tinggal berdekatan dengan Ciliwung, untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan.

"Kalau masih gemar membuang sampah, otomatis Ciliwung menjadi kotor. Jika sampai terjadi demikian tentunya pelaksanaan festival tidak bisa dilakukan," ucap Bambang.

Program normalisasi Ciliwung hingga kini masih dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Sejumlah pekerja masih melakukan pemasangan sheetpile dan turap di bantaran Ciliwung.

"Normalisasi kali ini dilakukan sepanjang 19 kilometer, mulai dari jembatan pintu air Manggarai hingga jembatan Jl TB Simatupang, Condet, Jakarta Timur," pungkasnya (JB)

EDITOR : Ayubdin Nasution

Berita Terkait

Baca Juga