Jumat, 22 Juni 2018 | 02:54:47 WIB

MKD Tegaskan Kasus Setya Ditutup karena Mengundurkan Diri

Kamis, 17 Desember 2015 | 01:52 WIB
MKD Tegaskan Kasus Setya Ditutup karena Mengundurkan Diri

Ketua DPR Setya Novanto memberikan keterangan pers di gedung DPR RI Jakarta. (FOTO: ANT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Surahman Hidayat mengatakan, sidang kasus dugaan pelanggaran etika atas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto dinyatakan ditutup karena adanya surat pengunduran diri dari teradu.

"Jadi keputusan MKD menyatakan kasus dugaan pelanggaran etik dinyata ditutup sejak diterimanya surat pengunduran diri Ketua DPR Setya Novanto," kata Ketua MKD Surahman Hidayat saat membacakan keputusan MKD di Senayan Jakarta, Rabu (16/12) malam.

Sebelumnya, Ketua DPR Setya Novanto melayangkan surat pengajuan pengunduran diri sebagai Ketua DPR RI 2014-2019.

Menurut Surahman, sejak 16 Desember 2015 Setya Novanto tidak lagi sebagai Ketua DPR RI. "Jadi Alhamdulillah sudah berakhir, happy ending," kata Surahman.

Sebelumnya, Wakil Ketua MKD Sufni Dasco membacakan surat pengunduran diri Setya Novanto.

"Sehubungan dengan perkembangan proses di MKD yang saat ini sedang berlangsung, maka untuk menjaga martabat, harkat dan kehormatan DPR RI serta menciptakan ketenangan dalam masyarakat, saya menyatakan mrngundurkan diri sebagai Ketua DPR RI 2014-2019," kata Sufni membacakan surat Setya Novanto.

Berikut isi surat pengunduran diri bertempat dan tertanggal; Jakarta 16 Desember 2016 dari Setya Novanto itu.

"Kepada Yth Pimpinan MKD DPR RI di Jakarta

Pernyataan Mengundurkan Diri Sebagai Ketua DPR RI

Sehubungan dengan perkembangan penanganan dugaan pelanggaran etika yang sedang berlangsung di Mahkamah Kehormatan Dewan maka untuk menjaga harkat dan martabat serta kehormatan lembaga DPR RI serta demi menciptakan ketenangan masyarakat maka dengan ini saya menyatakan mengundurkan diri sebagai Ketua DPR RI periode masa bakti 2014-2019.

Demikian pernyataan pengunduran diri ini saya buat dengan tulus semoga bermanfaat demi kepentingan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia
."

Surat Novanto ini ditandatangani di atas materai dengan keterangan nama Drs Setya Novanto dan nomor anggota DPR Setya, A-300.

Segera setelah surat pengunduran diri ini, MKD menyatakan sidang etik Novanto ditutup. (ANT)

Berita Terkait