Rabu, 19 September 2018 | 14:25:49 WIB

Lanal Cirebon Evakuasi Korban Kecelakaan Di Laut

Kamis, 6 Juli 2017 | 20:17 WIB
Lanal Cirebon Evakuasi Korban Kecelakaan Di Laut

(FOTO : LANALCIREBON/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pada Kamis (6/7) sekitar pukul 05.00 WIB, telah terjadi kecelakaan di laut yang mengakibatkan tenggelamnya sebuah perahu nelayan dengan nama “Langsung Rezeki“ milik nelayan tradisional dari Desa Karang Sambung, Kabupaten Cirebon (Jawa Barat).

Lokasi area kecelakaan tersebut ± 3 mil dari Anjungan minyak lepas pantai Offshore Service X-Ray Alfa EP Region Jawa, di perairan utara laut Jawa.  Penyebab kecelakaan sementara diduga terjadi karena cuaca ombak besar, sehingga menyebabkan perahu pecah dan tenggelam.

Pada posisi tersebut terdapat, Personil Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon yang melaksanakan pengamanan Obyek vital, info ini diteruskan kepada kapal jajaran EP yang beroperasi di wilayah tersebut untuk melakukan pertolongan.   

Pukul 06.00 WIB diketahui terdapat dua orang nelayan dalam keadaan terapung-apung di laut menggunakan tutup Palka yaitu tempat menyimpan ikan yang terbuat dari fiber.  Dua korban tersebut ditemukan dan ditolong oleh Kapal KM. Limin Handler yang saat itu sedang melintas dan operasional di area Anjungan minyak lepas pantai Offshore Service X-Ray Alfa. 2 orang korban ditemukan dalam kondisi selamat.

Pukul 09.19 WIB, dua orang nelayan tersebut kemudian dipindahkan dari kapal KM. Limin Handler ke kapal CB. Kencana Raya untuk selanjutnya dievakuasi/diantar ke Pelabuhan Cirebon

Pada Pukul 11.45 sampai dengan 12.00 WIB, di Dermaga Linggarjati Pelabuhan Cirebon telah datang Kapal CB. Kencana Raya Batam yang membawa dua korban tersebut, yang kemudian disambut prajurit anggota Lanal Cirebon dan Tim Kesehatan dari Lanal Cirebon yang dipimpin Pasops Lanal Cirebon Kapten Laut (P) Arie Wibowo.

Adapun data korban korban selamat yaitu Dato Jejep Bin Sawilo (33 th) sebagai Tekong/pemilik kapal, warga Desa Sura Kidul, Kecamata Suranenggala, Kabupaten Cirebon dan Anak Buah Kapal (ABK) bernama Wartono Bin Warna (35 th), Warga Ds. Purwawinangun, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon

Dari hasil pemeriksaan kesehatan oleh Tim Kesehatan Lanal Cirebon, diketahui bahwa korban dinyatakan dalam kondisi sehat dan tidak mengalami luka.  Selanjutnya korban dibawa ke Kantor Satkamla (Satuan Keamanan Laut) Lanal Cirebon sambil menunggu kedatangan pihak keluarga korban.

Pukul 12.05 WIB, pihak keluarga korban datang ke Kantor Satkamla untuk menjemput korban. Korban beserta pihak keluarga menghadap ke Mako Lanal Cirebon untuk menyampaikan ucapkan terimakasih kepada pihak Lanal serta korban memberikan keterangan tentang kejadian kecelakaan laut tersebut kepada Komandan Lanal Cirebon Letkol Marinir Yustinus Rudiman.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Lanal Cirebon Letkol Marinir Yustinus Rudiman, M.tr Hanla, M.tr (Han) menyampaikan keprihatinannya atas musibah yang menimpa rekan nelayan dari Cirebon serta menjelaskan tentang keselamatan dan keamanan saat melaksanakan pencarian ikan dilaut.

“Lanal Cirebon akan selalu berupaya untuk memberikan bantuan apabila terjadi kecelakaan laut yang menimpa para nelayan dan pengguna laut lainya di perairan wilayah kerja Lanal Cirebon,” terang Letkol Marinir Yustinus Rudiman.    

Berita Terkait