Rabu, 26 Juni 2019 | 01:19:49 WIB

RS Pelni Hadirkan Layanan Ramah Perempuan dan Anak

Sabtu, 8 Juli 2017 | 13:00 WIB
RS Pelni Hadirkan Layanan Ramah Perempuan dan Anak

Ilustrasi - Rumah Sakit Umum Pelni Jakarta. (FOTO: IST/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Rumah Sakit Pelni Jakarta terus meningkatkan pelayanan medis yang berkualitas dengan menghadirkan layanan ramah perempuan dan anak.

"Hal terpenting dari kegiatan silaturahmi peraih penghargaan dari Anugerah Perempuan Indonesia (API) tadi adalah bahwa Rumah Sakit Pelni terus berinovasi dengan memiliki layanan ramah perempuan dan anak," ujar Direktur Utama RS Pelni Dr dr Fathema D. Rachmat di sela kegiatan Halal Bi Halal Anugerah Perempuan Indonesia (API) di Rumah Sakit Pelni, Jakarta, Jumat (7/7).

Rumah Sakit Pelni menyelenggarakan Halal Bi Halal Anugerah Perempuan Indonesia (API) untuk mempererat silaturahmi di kalangan perempuan Indonesia yang menjadi pemimpin dalam organisasinya masing-masing.

Dokter Fath, demikian ia biasa dipanggil mengatakan layanan ramah perempuan salah satu contohnya adalah tindakan bedah dengan sayatan yang sangat kecil di area perut bawah perempuan.

"Layanan ramah anak maksudnya kami memberikan fasilitas khusus anak untuk menghindari mereka dari risiko penularan penyakit di area rawat inap dan rawat jalan," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan RS Pelni memberikan pelayanan dengan standard kualitas terbaik, terjangkau dalam lingkungan yang hijau dan nyaman, dalam rangka membantu proses penyembuhan bagi setiap pasien dan keluarganya.

"Untuk itu kami menghadirkan hamparan taman hijau dan indah yang bisa memberikan kesan tenang dan nyaman bagi pasien dan keluarganya selama berada di RS Pelni," kata dia.

Taman tersebut tersebar di semua titik mulai dari area parkir, area Poliklinik, area Publik, area Rawat Inap, Diagnostic Centre dan ruang Tindakan.

RS Pelni juga menghadirkan taman bermain anak-anak yang menjadi arena bermain anak-anak saat orang tuanya membesuk sanak keluarganya.

"Misi RS Pelni memberikan pelayanan kesehatan di lingkungan yang menyembuhkan. Baik dari lingkungan yang hijau dan matahari yang memberikan kehangatan. Semua itu adalah bagus untuk mempercepat proses penyembuhan," kata dia.

Karena taman menghadirkan lingkungan hijau yang nyaman dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

"Selain tentunya RS yang ramah terhadap pasien dengan menggunakan kata-kata yang menyembuhkan (healing word) baik dokter, perawat, serta petugas kesehatan lainnya. Yang akhirnya memberikan kesembuhan bagi pasien dan memberikan pengalaman pasien yang berbeda," kata dia.

Setiap pasien diusahakan memiliki pemandangan dan suasana tersebut ini yang disebut "green healthy hospital", pungkas dia.

Kehadiran taman, lanjutnya, bagi pasien sangat berdampak psikologi bagi kesembuhan karena dengan melihat taman akan muncul unsur ketenangan kepada pasien.

Melepas penat

Kehadiran taman di RS Pelni dapat membuat Iryanto (45) dapat membuat dirinya sejenak lupa dengan segala hiruk-pikuk kegiatannya dan merasa rileks.

Warga Jakarta yang berdomisili di Kemanggisan tersebut mengunjungi kerabatnya yang menjadi salah satu pasien RS Pelni.

"Kami sebagai pengunjung merasa senang dengan adanya taman di sini. Kami dapat menikmati suasana yang segar dan sejuk sehingga dapat menyegarkan pikiran," kata dia.

Terlebih dengan adanya Taman bermain anak-anak yang dapat menjadi arena bermain bagi anak-anak pengunjung maupun keluarga pasien, kata dia. (ANT)

Berita Terkait