Minggu, 19 November 2017 | 21:00:01 WIB

Pengguna Mobile Internet Indonesia Lebih Aktif Selama Ramadhan

Rabu, 12 Juli 2017 | 20:28 WIB
Pengguna Mobile Internet Indonesia Lebih Aktif Selama Ramadhan

Ilustrasi - Internet (Pixabay)

JAKARTA, LINDO - Laporan terbaru UC News berjudul "Laporan Konsumsi Konten Mobile Selama Ramadhan" mengungkapkan bahwa total tampilan halaman selama Ramadan meningkat 10 persen dibandingkan hari biasa.

Rata-rata tampilan halaman tiap pengguna juga meningkat sebanyak 13,55 persen pada periode yang sama.

"Bulan Ramadhan sepertinya menjadi bulan dengan lebih banyak konsumsi konten, dengan bertambahnya waktu baca menjadi 26 menit di bulan Juni, naik sebesar 30 persen dari biasanya," kata Donad RU, General Manager UCWeb Indonesia, Alibaba Mobile Business Group, dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA News, Rabu.

Selain itu UC News juga menemukan satu waktu yang menjadi puncak konsumsi konten mobile, yakni pada pukul 04.00 pagi, yang merupakan waktu untuk Sahur. Di malam hari, puncak waktu konsumsi juga bergeser, dimana pada hari biasa terjadi pada pukul 20.00, menjadi pukul 19.00, sekitar waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Perubahan-perubahan pada puncak konsumsi konten mobile di pagi dan malam hari terjadi bersama dengan waktu puncak konsumsi konten pada jam makan siang yang terlihat stabil, sebelum dan saat bulan Ramadhan.

Selagi masyarakat Indonesia mencoba untuk mengurangi aktivitas fisik untuk menjaga energi di bulan suci Ramadhan, mereka terlihat lebih aktif dalam hal lainnya--mereka lebih banyak memberikan "Like" pada konten yang mereka konsumsi dan juga lebih aktif untuk menunjukkan dan bertukar opini.

Laporan ini menunjukkan bahwa pengguna di Indonesia 10,13 persen lebih aktif untuk menekan tombol "Like", memberikan komentar dan berbagi konten yang mereka konsumsi selama bulan Ramadhan, dibandingkan periode normal. (ANT)

EDITOR : AHMAD DAILANGI

Berita Terkait

Baca Juga