Rabu, 18 Juli 2018 | 19:44:27 WIB

Bengkulu Promosi Wisata Lewat Festival Bumi Rafflesia

Jum'at, 21 Juli 2017 | 14:49 WIB
Bengkulu Promosi Wisata Lewat Festival Bumi Rafflesia

Para wisatawan asing turis sedang melihat bunga Rafflesia Arnoldi yang sedang mekar di kawasan hutan lindung Bukit Barisan, Taba Penanjung, Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, Selasa (24/1).(FOTO: ANT/LINDO)

BENGKULU, LINDO - Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu menggelar sejumlah agenda wisata dalam Festival Bumi Rafflesia 2017 guna mempromosikan potensi pariwisata daerah itu.

Saat membuka festival itu di kawasan wisata Pantai Panjang, Jumat (21/7), Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu Gotri Suyanto mengatakan agenda festival antara lain meliputi family trip untuk operator perjalanan wisata dan media massa.

Selain itu ada acara bersepeda keliling kota melewati objek-objek wisata Bengkulu, festival kopi Bengkulu serta triathlon 2017.

"Kegiatan ini juga menjadi barometer untuk Bengkulu menyelenggarakan tahun kunjungan wisata pada tahun 2020," kata Gotri.

Gotri mengatakan industri pariwisata menjadi salah satu prioritas dalam program pembangunan daerah untuk menurunkan kemiskinan, yang angkanya masih mencapai 16 persen dari total jumlah penduduk daerah.

Pemerintah daerah mulai berbenah menyambut tahun kunjungan wisata 2020, antara lain dengan memfasilitasi kegiatan yang bisa digunakan untuk mempromosikan daya tarik wisata daerah.

"Festival kopi untuk menunjang industri kecil menengah yang juga berkontribusi menunjang industri pariwisata," kata Gotri.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Yudi Satria mengatakan festival ini sudah masuk dalam kalender kegiatan pariwisata daerah dan diharapkan mampu menarik wisatawan ke Bengkulu.

"Bengkulu Coffee Festival", ia menjelaskan, akan menjadi ajang berkumpul para produsen kopi untuk memamerkan produk andalan mereka.

Acara itu juga mencakup lokakarya kopi, tempat barista dan distributor kopi nasional akan menyampaikan kiat menembus pasar.

Sementara acara "Fun Bike Around The City" mengajak warga dan wisatawan bersepeda santai melintasi objek wisata Kota Bengkulu seperti pantai panjang, rumah pengasingan Bung Karno dan Benteng Marlborough. (ANT)

Berita Terkait