Kamis, 19 Juli 2018 | 08:57:49 WIB

Imbangi Pertumbuhan TIK Bidang Maritim, Bakamla RI Bekali Personel Zona Barat

Jum'at, 21 Juli 2017 | 18:03 WIB
Imbangi Pertumbuhan TIK Bidang Maritim, Bakamla RI Bekali Personel Zona Barat

(FOTO: HUMAS BAKAMLA/LINDO)

BATAM, LINDO - Direktur Data dan Informasi Bakamla RI Laksma TNI Isbandi Andrianto secara resmi membuka kegiatan Workshop Peningkatan Kemampuan Teknis Jaringan Sumber Daya Manusia (SDM) Wilayah Zona Barat, di Hotel Harmoni One, Batam, Kamis (20/7).

Dalam kata sambutannya, Dir Datin mengatakan bahwa kecepatan pertumbuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang maritim sangat membantu dalam monitoring keamanan dan keselamatan laut. Namun perlu diwaspadai pula bahwa kecepatan pertumbuhan tersebut adapula pihak-pihak yang memanfaatkannya untuk melakukan tindak kejahatan. Oleh karena itu, lanjutnya, untuk mengimbanginya diperlukan SDM yang handal dalam pengelolaan infrastrukturnya.

Menurut Dir Datin, sebagai bentuk pengamanan dasar terhadap informasi dan jalur komunikasi, maka pengawak SPKKL seharusnya mempunyai kemampuan lebih baik terhadap teknologi jaringan dan system pendukungnya, agar semua perangkat di SPKKL lebih terjamin kemampuannya dan lebih optimal pemanfaatannya.

Melalui kegiatan workshop ini diberikan pembekalan kepada peserta tentang pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Stasiun Pemantauan Keamanan Keselamatan Laut (SPKKL), khususnya pada pengelolaan jaringan komunikasi, jelasnya lebih lanjut.

Mengulang yang pernah dikatakan para ahli, Laksma Isbandi juga menyampaikan dari 3 aspek utama keamanan jaringan informasi, yaitu teknologi, proses, dan manusia, maka yang paling rentan adalah aspek manusia, karena lebih dari 70% kebocoran jaringan informasi diakibatkan ulah manusia. Dengan demikian untuk mencegah gangguan jaringan dimaksud, diperlukan personel yang mempunyai kemampuan, dedikasi, etika dan integritas yang tinggi pada organisasi.

Oleh karena itu, Bakamla RI melalui Direktorat Datin menggelar workshop yang mengikutsertakan personel khususnya SPKKL Wilayah Barat dan personil Bakamla RI, yang diharapkan memiliki kompetensi tingkat pelaksana dan manajerial bidang teknis jaringan informasi untuk hadir, antara lain dari SPKKL Sambas, SPKKL Aceh, SPKKL Natuna, SPKKL Tanjung Balai Karimun (TBK), SPKKL Batam, Pangkalan Batam, Kantor Kamla Zona Barat, dan personel dari Kantor Bakamla Pusat Jakarta. Sementara itu selaku nara sumber, yaitu Kasubdit Jaringan Rizkal, S.Sos., M.M., dibantu para mentor yaitu Kasie Pemeliharaan Jaringan Y. M. Vianney Niko D.S., S.T.dan Kasie Pengembangan Jaringan Dikki Triwasananda, S.Kom.

Sebagai bagian dari satu rangkaian kegiatan, sehari sebelum kegiatan workshop dimulai, Direktur Datin beserta tim teknis jaringan yang dipimpinnya mengadakan kunjungan ke IT Center BP Batam dalam rangka study tentang _data center, cloud computing_ dan _disaster recovery center. Kunjungan diterima oleh Kepala Pusat Pengelolaan data dan Sistem Informasi BP Batam Kolonel Laut Yuda Gunadi. (Ahmad/Puspen TNI)

Berita Terkait