Rabu, 22 November 2017 | 20:12:09 WIB

Asops Kasal Resmikan Bakti TNI AL Di Bali

Sabtu, 29 Juli 2017 | 20:45 WIB
Asops Kasal Resmikan Bakti TNI AL Di Bali

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P, meresmikan pelaksanaan serbuan maritim Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dalam rangka operasi bakti TNI AL 2017, di Pura Dalem Bunkeneng, Desa Pekraman, Tonja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali Sabtu, (29/7).

Peresmian kegiatan serbuan maritim tersebut, ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Asops Kasal serta penyerahan secara simbolis dua buah kursi roda dan pemberian sembako kepada sembilan orang perwakilan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan pula penyerahan pakaian pemangku Pura Dalem Bunkeneng dan pakaian pemangku Pura Ibu Sari  Banjar Tega serta pemberian bantuan dana punia Pura Dalem Bunkeneng oleh Ny. Ary Atmaja.

Dalam amanat Kasal yang dibacakan oleh Asops Kasal mengatakan, pemberdayaan wilayah pertahanan laut diselenggarakan melalui usaha membangun dan membina kemampuan seluruh sumber daya nasional bidang maritim.

“Kegiatan ini merupakan implementasi tugas TNI AL dalam bidang pertahanan laut sekaligus wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam meningkatkan kesejahteraan dan mendukung pertahanan negara di laut,” terang Kasal.

Pembinaan potensi maritim tambahnya, merupakan langkah nyata TNI AL dalam rangka meningkatkan kemampuan dan taraf hidup serta kesejahteraan masyarakat, sehingga diharapkan menumbuhkan motivasi dan semangat jiwa bahari dalam menyeimbangkan antara kepentingan kesejahteraan, keamanan dan dan kelestarian lingkungan.

Pembinaan potensi maritim yang telah dilaksanakan TNI AL kata Kasal, antara lain pembinaan ketahanan wilayah, komunikasi sosial, dan bakti TNI.  Sedangkan pemilihan daerah sasaran harus dipilih yang tepat, dengan tujuan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Sementara itu, untuk kegiatan berupa pelayanan dan pengobatan umum ini, bekerjasama dengan Dinas kesehatan Kotamadya Denpasar dan bertindak selaku Komandan Satgas Operasi Bakti TNI AL wilayah Bali adalah Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) GB. Oka.

Sebelumnya, telah dilaksanakan kegiatan pendahuluan yakni  pembangunan fisik berupa pengecoran jalan dan pemafingan halaman Pura Dalam Bunkeneng serta kegiatan bakti sosial kesehatan berupa operasi katarak kepada sebelas orang dan pembagian kacamata sebanyak 425 kepada masyarakat yang dilaksanakan pada 18 Juli yang lalu.

Kegiatan bakti TNI AL 2017 ini telah dilaksanakan untuk yang kesekian kalinya di beberapa tempat, antara lain di Sukabumi, Lampung, Purwakarta, Indramayu dan Kediri serta tempat lainnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan  TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI I.G. Putu Wijamahadi, Staf Ahli bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Kemenko Polhukam Laksma TNI I Nyoman Nesa, Kasarmatim Laksma TNI I.N.G. Ariawan, Danpuspomal Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suardana, Kadispotmar Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suarya, Danguskamlatim Laksma TNI I Nyoman Sudihartawan, Kasdam Bali Brigjen TNI Stefanus Trimulyo, Wadan Lantamal V Kolonel (Mar) Nana Rukmana dan Sekdispenal Kolonel Laut (P) Syufenri serta pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) Kota Denpasar, serta tokoh agama dan adat desa Pekraman Tonja.

EDITOR : ARMAN R

Berita Terkait

Baca Juga