Jumat, 22 Juni 2018 | 08:25:16 WIB

Lanal Lampung Jadi Destinasi BJRB TNI AL 2017

Senin, 31 Juli 2017 | 14:13 WIB
Lanal Lampung Jadi Destinasi BJRB TNI AL 2017

(FOTO: PENAL LAMPUNG/LINDO)

LAMPUNG, LINDO - Komandan Pangkalan TNI AL Lampung, Kolonel Laut (P) Kelik Haryadi menyambut kedatangan KRI Banda Aceh 593 yang membawa rombongan peserta Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI AL wilayah barat Lantamal III Jakarta, di dermaga C2 pelabuhan Panjang, Lampung pada  Sabtu (29/07).

Kegiatan BJRB ini diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya oleh TNI AL, yang pelaksananya tahun ini  diikuti oleh 588 orang putra dan putri pelajar SMP dan SMA/SMK di wilayah DKI, Jabar dan Banten, yang pelaksanaanya dipusatkan di pantai Klara Lanal Lampung kabupaten Pesawaran.

Para peserta BJRB ini telah mengikuti pelayaran dengan menggunakan KRI Banda Aceh 593 yang berangkat dari dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada tanggal 28 Juli 2017 dan akan kembali pada tanggal 30 Juli 2017.

Kegiatan pembinaan mental juang ini diselenggarakan guna memberikan pendidikan dan pengalaman tersendiri bagi peserta  yang tidak dapat dari sekolah, sebagai upaya menyiapkan generasi penerus yang cinta bahari.

“Pembinaan generasi muda adalah tanggung jawab bangsa,  BJRB merupakan wujud kepedulian dari kita semua sebagai Generasi Bangsa, melalui kegiatan BJRB ini Mari Kita tumbuhkan mental remaja yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cinta Tanah Air dan Berjiwa Bahari” ujar Danlanal Lampung dalam sambutannya.

Ditambahkan juga “Kegiatan BJRB ini merupakan kegiatan yang positif bagi para pelajar, menjadi Pengalaman dan menambah rekan dari berbagai daerah”

Dalam kegiatan BJRB ini diisi dengan berbagai macam kegiatan antara lain pengenalan kapal, latihan peran-peran di kapal dan kebaharian, latihan PBB (Peraturan Baris Berbaris), berbagai ceramah yang meliputi bidang rohani/agama, bidang Bintal Juang, Ideologi dan Bela Negara, bidang hukum, bidang kesehatan, bidang kebaharian, serta kegiatan bahari lainnya yang dapat menambah wawasan dan  pengetahuan bagi peserta, selama di pantai Klara mereka juga diberikan beberapa kegiatan antara lain, Haiking, Fun Game, Out Bond, Pengenalan Sekoci dan Alat Selam dari para pembina.

Penyambutan Dansatgas BJRB tahun 2017, yang dijabat oleh Kolonel Laut (P) Untung SM yang kesehariannya beliau menjabat sebagai Aspers Danlantamal III Jakarta, dengan pengalungan Kain Tapis Lampung oleh Danlanal Lampung yang didampingi oleh Ketua Cabang 3 Korcab III DJAB Ny. Hersy Kelik Haryadi beserta seluruh anggota Lanal Lampung, unsur Forkopimda dan siswa-siswi dari SD, SMP, SMA Bandar Lampung.

Sumber : Penal Lampung

Berita Terkait