Sabtu, 20 Oktober 2018 | 20:36:45 WIB

Pemkot Ternate Lakukan Normalisasi Kali Mati di Kecamatan Moti

Minggu, 6 Agustus 2017 | 16:49 WIB
Pemkot Ternate Lakukan Normalisasi Kali Mati di Kecamatan Moti

Walikota Ternate Burhan Abdurahman saat meninjau lokasi kali mati di Kelurahan Takofi, Kecamatan Moti, Kota Ternate, Maluku Utara, pasca banjir. (FOTO: OT/LINDO)

TERNATE, LINDO – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), mulai melakukan normalisasi kali mati (barangka) di Kelurahan Takofi dan Supongo, Kecamatan Moti, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Normalisasi kali mati yang dilakukan BPBD Kota Ternate, telah dilakukan sejak 25 Juli lalu dengan menggunakan satu unit alat berat.

“Normalisasi akan dilakukan hingga tiga bulan ke depan, termasuk pembuatan bronjong untuk menahan gerusan air saat banjir,” kata Kepala BPBD Kota Ternate, Hasim Yusuf, Minggu (6/8).

Menurut Hasyim, anggaran untuk normalisasi dan pembuatan bronjong pada dua kali mati tersebut, bersumber dari APBD 2017.
“Normalisasi dan pembuatan Bronjong menelan anggaran kurang lebih Rp.900 juta yang bersumber dari Dana Tidak Terduga (DTT) APBD Kota Ternate tahun 2017,” ujarnya.

Hasim menambahkan, volume pekerjaan normalisasi dua kali mati, sepanjang 750 meter, dan hanya ditumpuk di sisi kiri dan kanan kedua sungai tersebut.

Sementara itu, untuk warga yang terdampak banjir pada medio Juni lalu, Pemkot juga telah memberikan bantuan dalam bentuk stimulan berdasarkan tingkat kerusakan.

“Kita tidak lakukan relokasi namun hanya memberikan bantuan stimulan, per KK ada yang Rp.1,5 juta dan ada Rp. 2,5 juta berdasarkan tingkat kerusakan,” pungkas Hasyim. (OT)

Berita Terkait