Rabu, 18 Oktober 2017 | 10:48:10 WIB

Serda Wawan dan Kelompok Tani Garap Lahan Hijau jadi Ekonomi Nyata

Minggu, 13 Agustus 2017 | 10:41 WIB
Serda Wawan dan Kelompok Tani Garap Lahan Hijau jadi Ekonomi Nyata

Serda Wawan Setiawan menunjukan hasil jerih payahnya panen jagung di Desa Umaloya, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara. (FOTO: PENREM 152 BABULLAH/LINDO)

KEPULAUAN SULA, LINDO - Seorang anggota TNI Angkatan Darat yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Koramil 1509-04/Sanana dibawah jajaran Kodim 1509/Labuha, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara Serda Wawan Setiawan berhasil memetik buah manis dari hasil pertanian di lokasi yang merupakan lahan tidur milik Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara.
 
Sebelum berdinas di Koramil Sanana, Serda Wawan Setiawan adalah anggota TNI AD yang lama bertugas di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.  Serda Wawan Setiawan dipercaya Koramil Sanan dan Kodim Labuha untuk bertugas di Desa Umaloya.
 
Semenjak ditempatkan di Koramil Sanana, Serda Wawan melihat banyak potensi lahan tidur milik Pemkab Sula yang dapat disulap menjadi lahan untuk berkebun. Kemudian setelah mendapatkan ijin, Serda Wawan didukung oleh Pabung Kepulauan Sula Kapten Infanteri Timbul Wiyono untuk membentuk kelompok tani Subur Jaya pada Bulan Mei 2017.
 
Pada bulan yang sama kelompok tani Subur Jaya dibawah pimpinan Serda Wawan langsung melakukan penggarapan lahan tidur menjadi lahan pertanian dengan menanam tanaman holtikultura seperti cabai merah, jagung, terong, sawi, bayam, kangkung dan tomat.
 
Perjuangan panjang tersebut berbuah manis dengan hasil panen yang sangat memuaskan dan dalam pemasaran Serda Wawan dan kelompok tani tidak begitu kesulitan karena permintaan pasar di wilayah Kabupaten Sula sangatlah tinggi sehingga secara otomatis memberikan ekonomi yang nyata.
 
Pemberian ekonomi bukan hanya untuk dirinya maupun kelompok tani, namun berdampak dan berkontribusi sangat besar pada stabilitas harga komoditas holtikultura di kabupaten itu.
 
Sementara itu secara terpisah, Dandim 1509/Labuha Letkol Infanteri Joni Widodo dalam keterangan rilisnya menyampaikan bahwa Kodim 1509/Labuha beserta jajarannya senantiasa melaksanakan program unggulan sesuai arahan Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo yaitu Emas Hijau.
 
Dandim mengaku satuannya sangat mendukung penuh dan mengapresiasi atas langkah yang dilakukan Kapten Infanteri Timbul dan Serda Wawan yang secara tidak langsung telah memberikan berkontribusi nyata bagi daerah Sula. (Faisal/Penrem 152)

EDITOR : ALDY MADJIT

Berita Terkait

Baca Juga