Senin, 22 Oktober 2018 | 08:51:38 WIB

SEA Games 2017 - Bela diri Tumpuan Harapan Mendulang Medali

Minggu, 27 Agustus 2017 | 11:22 WIB
SEA Games 2017 - Bela diri Tumpuan Harapan Mendulang Medali

Tim karate putra Indonesia Andi Dasril (kanan) dan Andi Tomy (kiri) beraksi dalam nomor kata beregu putra karate SEA Games XXIX Kuala Lumpur di KLCC, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (24/8/2017). Tim karate putra Indonesia mendapat medali perak dari nomor tersebut. (FOTO: ANT/LINDO)

KUALA LUMPUR, LINDO - Cabang bela diri bakal menjadi tumpuan Indonesia untuk mendulang medali emas pada hari kesembilan pelaksanaan SEA Games 2017 Malaysia, Minggu, mengingat cukup banyak medali yang diperebutkan oleh peserta dari 11 negara.

Perburuan akan dimulai dari cabang taekwondo. Dinggo Ardian dan Shaleha Fitriana menjadi tumpuan saat ini. Berikutnya adalah judo. Pada cabang olahraga ini Indonesia cukup besar mempunyai peluang merebut emas karena ada atlet potensial seperti Horas Manurung.

Selain atlet senior tersebut, judo juga mengirimkan dua wakil lainnya yaitu Hevrilia Windawati dan Tiara Artha Garhia. Harapannya mereka bisa meraih prestasi puncak mengingat kontingen Indonesia masih belum bisa beranjak dari posisi lima klasemen sementara.

Pada cabang permainan, bola voli baik tim putra maupun tim putri mencapai babak final. Lawan yang dihadapi timnas Merah Putih ini juga sama yaitu Thailand. Bagi tim putri, Wilda dan kawan-kawan sudah mampu memenuhi target karena pada SEA Games sebelumnya hanya meraih perunggu.

"Setelah 20 tahun kita akhirnya ke final. Target juga sudah terpenuhi. Makanya dipertandingan final ini anak-anak saya minta bermain lepas. Jangan takut dengan level Thailand," kata pelatih timnas putri, Risco Herlambang.

Untuk putra, target memang merebut emas. Hanya saja, lawan yang bakal dihadapi dikenal memiliki pemain yang lengkap. Agung Seganti dan kawan-kawan diminta lebih fokus meski pada pertandingan semifinal harus bersusah payah mengalahkan Myanmar.

Balap sepeda yang sebelumnya merebut dua emas dari BMX, juga berpeluang menambah medali emas karena disiplin track mulai dilombakan. Ada nama Ayustina Delia Priatna, Crismonita Dwi Putri, Santia Tri Kusuma, Puguh Ahmadi, Reno Yudho Sasongko serta Eko Bayu Nur Hidayat bakal menjadi tumpuan.

"Semoga emas BMX bisa menjadi motivasi bagi pebalap lain untuk berprestasi. Masih banyak peluang untuk mengejar medali," kata Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari saat dikonfirmasi.

Sementara itu cabang olahraga unggulan Indonesia yaitu bulu tangkis saat ini masih banyak yang berjuang pada perempat final. Pada nomor individual ini, dua emas diharapkan kembali diraih setelah satu emas dari tim putra sudah didapat.

Hingga hari kedelapan, Indonesia masih tertahan di posisi lima dengan raihan 31 emas, 44 perak dan 54 perunggu. Sedangkan posisi puncak adalah tuan rumah Malaysia dengan 83 emas, 58 perak dan 54 perunggu. (ANT)

Berita Terkait