Jumat, 20 Oktober 2017 | 03:01:41 WIB

KPU: Partisipasi Pemilih pada Pilkada Kalsel 2015 Menurun

Senin, 28 Desember 2015 | 21:51 WIB
KPU: Partisipasi Pemilih pada Pilkada Kalsel 2015 Menurun

Suasana simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati. (FOTO: IST/LINDO)

BANJARMASIN, LINDO - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan Samahuddin Muharram menungkapkan, partisipasi pemilih di provinsinya pada pemilihan kepala daerah atau pilkada tahun 2015 turun bila dibandingkan dengan 2010.

Ia mengungkapkan di sela-sela penyerahan berkas calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) terpilih kepada Ketua DPRD provinsi setempat Hj Noormiliyani Aberani Sulaiman di Banjarmasin, Senin (28/12).

Partisipasi pemilih pada pilkada gubernur dan wakil gubernur Kalsel 2015 tercatat sekitar 67 persen, ungkapnya didampingi beberapa anggota KPU provinsi setempat antara lain Hairansyah dan Hj Masyitah Umar.

Sebelumnya, dalam pilkada gubernur Kalsel tahun 2010 partisipasi pemilihan 68 persen, lanjut dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Lambang Mangkurat (Unalm) Banjarmasin tersebut.

Namun dia tidak menerangkan penyebab menurunnya partisipasi pemilih pada pilkada Kalsel tersebut, kecuali menyatakan semula dia berharap meningkat dari tahun 2010 atau minimal sama dengan kedaan 2015.

"Tapi yang jelas pilgub-pilwagub Kalsel berjalan baik dan sudah penetapan hasilnya 23 Desember lalu. Dari tiga pasang cagub-cawagub Kalsel 2016-2021 sebagai pemenang pasangan H Sahbirin Noor - H Rudy Resnawan," demikian Samahuddin.

Gembira

Ketua DPRD Kalsel menyambut gembira atas pelaksanaan pilkada provinsi yang terdiri dari 13 kabupaten/kota ini berjalan baik, aman dan lancar.

Kemudian "Srikandi" Partai Golkar tersebut menyatakan terima kasih kepada KPU provinsi setempat beserta jajaran yang dengan kegigihan atau kerja keras dapat melaksanakan pilkada tepat waktu.

"Begitu pula pihak lain, termasuk semua lapisan masyarakat Kalsel, saya sampai terima kasih atas segala paritisisi sehingga daerah kita tatap dalam keadaan kondusif," lanjutnya didampingi Wakil Ketua DPRD Kalsel Asbullah dari PPP.

Berkas cagub-cawagub terpilih itu segera diproses sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku serta menyampaikan kepada Penjabat Gubernur Kalsel. Selanjutnya disampaikan kepada Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri guna mendapatkan surat keputusan, demikian Noormiliyani.

Pada pilkada gubernur Kalsel 2016-2021 ada tiga pasangan cagub-cawagub masing-masing HM Zairullah Azhar-HM Sapii, H Muhiddin-H Gusti Fadied Hasan Aman.

Selain pilkada gubernur ada tujuh kabupaten/kota yang melaksnakan pilkada serentak, yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Kotabaru. (ANT)

EDITOR : EDITOR: ALDY M

Berita Terkait

Baca Juga