Sabtu, 21 Oktober 2017 | 15:53:46 WIB

Rieke Serukan Pemuda ASEAN Peduli Tragedi Kemanusiaan di Rohingya

Rabu, 13 September 2017 | 16:08 WIB
Rieke Serukan Pemuda ASEAN Peduli Tragedi Kemanusiaan di Rohingya

Para pemuka agama di Bekasi membubuhkan tanda tangan sebagi bentuk dukungan atas tragedi kemanusiaan yang dialamai warga Rohingya di Myanmar, Rabu (13/9). (FOTO: AHMAD/LINDO)

BEKASI, LINDO - Indonesia terdiri dari berbagai suku, ras, agama dan golongan, namun hal itu tidak disadari bahwa keragaman itu merupakan kodrat yang harus dijaga bersama-sama. Selain itu, kekuatan untuk membangun peradaban manusia tentu harus menjunjung tinggi nilai-nilai ke manusian dan keadilannya.

Demikian hal itu dijelaskan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) Rieke Diah Pitaloka dalam acara pertemuan Pemuka Agama untuk memberikan dukungan korban kemanusian di Rohingya di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (13/9).

Rieke Diah Pitaloka mengatakan, konflik di Myanmar yang menyebabkan banyak korban jiwa dari warga Rohingya adalah merupakan tragedi kemanusiaan. Apapun alasannya di balik konflik tersebut, berbagai kekerasan yang menimpa nyawa di Rohingya itu tidak di benarkan.

"Kita semua meyakini tidak ada ajaran agama apapun yang membenarkan tindak kekerasan yang merengut nyawa banyak orang, seperti teror ataupun kekerasan yang di rasakan warga Rohingya," kata Rieke Diah Pitaloka, politisi dari Partai Perjuangan Indonesia (PDIP).

Rieke menegaskan sebagai putra-putri bangsa Indonesia menyayangkan dan mengecam tragedi kemanusian yang terjadi di Rohingya, Myanmar.

"Saya mengajak pada putra putri Indonesia dan semua komponen anak bangsa tidak memandang suku dan agama, mari kita bersatu untuk mendesak pemerinta Myanmar agar segera mengembalikan stabilitas keamanan perlindungan ke warga Rohingya," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP menyerukan agar seluruh kaum muda yang ada di dunia Internasional, khusunya di ASEAN untuk menyuarakan solidaritas dan perdamaian untuk Rohingya.

"Mari kita semua, terutama kaum muda yanga ada di dunia Internasional, khusunya kaum muda yang ada di ASEAN untuk sama-sama menyuarakan solidaritas dan perdamaian untuk warga Rohingya di Myanmar," ujarnya. (AHMAD DAILANGI)

EDITOR : ALDY MADJIT

Berita Terkait

Baca Juga