Rabu, 22 November 2017 | 20:10:52 WIB

Latihan Puncak Kohanudnas “Tutuka” 2017 Dimulai

Senin, 18 September 2017 | 17:55 WIB
Latihan Puncak Kohanudnas “Tutuka” 2017 Dimulai

(FOTO : PENKOHANUDNAS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Staf (Kas) Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) Marsma TNI Tamsil Gustari Malik mewakili Panglima Kohanudnas Marsda TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M., secara resmi membuka Latihan Pertahanan Udara (Hanud) “Tutuka” melalui video conference (vicon) dengan unsur-unsur latihan, di Ruang Yudha, Popunas (Pusat Operasi Pertahanan Udara Nasional), Kohanudnas, Jakarta, Rabu (7/2).   

Dalam vicon, Kas Kohanudnas selaku Wadirlat didampingi Asisten Operasi Kol Pnb Joko Hadipurwanto dan Asisten Intelejen Kol Pnb Veronica Tiq, berkomunikasi dengan unsur-unsur latihan yang ada di beberapa kota seperti Medan, Pekanbaru, Palembang dan lainnya, guna berkoordinasi menyamakan persepsi melaksanakan rangkaian latihan Hanud sebagai latihan puncak Kohanudnas pada tahun 2017.

Dalam sambutan tertulisnya, Panglima Kohanudnas menyampaikan, Latihan Tutuka merupakan latihan puncak Kohanudnas sebagai kelanjutan dari  latihan antar satuan yang telah dilaksanakan secara bertahap, berjenjang dan berlanjut.   

“Sebagai salah satu Komando Utama Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kohanudnas juga berupaya melindungi simbol-simbol negara dan obyek vital nasional dari kemungkinan serangan udara lawan. Oleh karena itu, pada Latihan Tutuka ini berbagai unsur hanudnas baik sipil dan militer dilibatkan termasuk Hanud pasif dan obvitnas, agar siap menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi," terang Pangkohanudnas.      

Latihan Tutuka lanjutnya, yang akan diadakan selama tiga hari ini, merupakan tolak ukur seluruh personel berkemampuan hanudnas terkait seberapa baik penguasaan dan kemahirannya dalam melaksanakan prosedur operasional pada tugas pertahanan udara dengan melibatkan satuan pertahanan udara kewilayahan.

Selain itu, juga dapat diketahui pula penguasaan dan kemahiranya melaksanakan integrasi serta interoperability organisasi dan prosedur antar satuan Hanud kewilayahan dalam tugas tugas Hanud.

Sementara itu, Asisten Operasi Kol Pnb Joko Hadipurwanto selaku Kepala Pengawas dan Pengendali latihan Tutuka menyampaikan, Latihan Tutuka merupakan latihan kesiapsiagaan komando sebagai latihan puncak Kohanudnas yang dilaksanakan setahun sekali.

"Latihan Tutuka merupakan latihan puncak Kohanudnas yang melibatkan dua atau tiga Kosekhanudnas, tujuannya mengukur kemampuan dan kesiagaan Kosekhanudnas dalam pelaksanaan mekanisme operasi Hanud serta kemampuan komando pengendalian dan koordinasi unsur-unsur Hanud dibawahnya, meliputi unsur Radar Militer/Sipil, unsur Tempur Sergap, unsur Dahanud (Daerah Pertahanan Udara), unsur KRI berkemampuan Hanud, unsur Lanud Operasi dan unsur Hanud Pasif," jelas Kol Pnb Joko Hadipurwanto.

Metode latihan yang digunakan simulasi dan geladi lapangan tambahnya, melibatkan unsur-unsur Hanud, antara lain pesawat Tempur F-16, Detesemen Rudal TNI AD, Kapal Republik Indonesia (KRI), pesawat Boeing 737, Helikopter SAR, Denhanud Wing 1 Paskhas, Satrad-satrad jajaran Kosekhanudnas I dan III, Lanud Halim Perdanakusuma, Lanud Sri Mulyono Herlambang, Palembang, Lanud Rusmin Nurjadin, Pekanbaru, Lanud Suwondo Medan dan lainnya.

EDITOR : ARMAN R

Berita Terkait

Baca Juga