Selasa, 21 Agustus 2018 | 10:53:12 WIB

Tingkatkan Keterampilan, Prajurit Lantamal XII Pontianak Gelar Latihan SAR

Rabu, 20 September 2017 | 00:45 WIB
Tingkatkan Keterampilan, Prajurit Lantamal XII Pontianak Gelar Latihan SAR

(FOTO : DISPENLANTAMALXII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi yang diwakili oleh Wakil Komandam (Wadan) Lantamal XII Kolonel Laut (P) Joko Sumitro, membuka acara Latihan Search and Rescue (SAR) bagi para Prajurit Lantamal XII Pontianak, di Gedung Malahayati Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII, Jalan Kom. Yos Sudarso No. 1, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (19/9).

Danlantamal XII Pontianak dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Joko Sumitro menyampaikan, pelaksanaan latihan SAR ini adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan personil dan unsur-unsur lantamal XII serta mengukur kemampuan dalam tugas pencarian, penyelamatan dan pertolongan guna mengurangi atau memperkecil dampak kerugian kecelakaan di laut, baik personel maupun material.

“Latihan ini juga untuk mengukur tingkat kemampuan personel dan unsur unsur lantamal XII dalam melaksanakan operasi penanggulangan kecelakaan di laut, sehingga dapat diperoleh sesuatu gambaran kemampuan operasional Lantamal XII, mulai dari tingkat perorangan sampai satuan,” terang Kolonel Laut (P) Joko Sumitro.  

Kepada para peserta tambahnya, agar menjalani latihan dengan penuh semangat dan sungguh- sungguh serta menjadikan latihan ini sebagai ajang untuk meningkatkan profesionalisme khususnya di bidang SAR sesuai dengan ketentuan dan perencanaan yang telah ditentukan.

Selain itu juga, untuk melatih unsur-unsur serta personel lantamal XII agar mampu melaksanakan tugas SAR dimulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengendalian penanggulangan kecelakaan di laut sesuai tugas pokok yang menjadi tanggung jawab satuan. saya berharap, agar para peserta latihan SAR ini mampu melaksanakan semua kegiatan beserta persoalan latihan untuk dapat di lakasanakan dengan baik, sesuai dengan Standard Operasional Procedur (SOP) guna tercapainya hasil latihan yang maksimal dengan Zero Accident.

Latihan SAR di laut kali ini melibatkan instruktur dan pelatih dari Badan SAR Daerah Kalbar agar terjalin komunikasi dan kerja sama tentang penanggulangan bahaya kecelakaan di laut.

Turut hadir pada acara pembukaan Latihan SAR tersebut, para Asisten Danlantamal XII Pontianak, para Kadis/Kasatker jajaran Lantamal XII Pontianak, para pelatih Basarda Kalbar beserta 35 peserta Prajurit Latihan SAR.

Berita Terkait