Jumat, 22 Juni 2018 | 08:26:52 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ajak Warganya "Menabung Air"

Rabu, 20 September 2017 | 11:12 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ajak Warganya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah memberikan bantuan air bersih di sejumlah warga diwilayah itu sebanyak 5000 liter. (FOTO: BERITADAERAH/LINDO)

SEMARANG, LINDO - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak warga yang tinggal di daerah rawan kekeringan membiasakan diri "menabung air" saat musim hujan untuk mencukupi kebutuhan selama musim kemarau.

"Pemerintah sudah berupaya membuat embung, namun masyarakat sebenarnya juga bisa membantu menampung air dengan menabungnya. Mari kita nabung dan menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan," katanya di Semarang, Rabu (20/9).

Ganjar mengatakan warga bisa membuat tandon dengan menyimpan air di bak-bak penampungan selama musim penghujan.

"Air yang sudah ditampung oleh masyarakat saat musim hujan itu akan sangat bermanfaat ketika terjadi kekeringan pada musim kemarau," katanya.

Politikus PDI Perjuangan itu mengungkapkan bahwa belum banyak warga yang sadar dan berkomitmen menjaga ketersediaan air.

"Tidak mudah mengubah perilaku masyarakat untuk menampung air, tapi logika kita semua mengerti tho. Mbok kita tampung yuk untuk berikutnya agar air tidak hanya lewat saja," katanya. (ANT)

Berita Terkait