Sabtu, 20 Januari 2018 | 14:09:58 WIB

Pangdivif 1 Kostrad Kunjungi Latma Garuda Shield-11/2017 di Sukabumi

Kamis, 28 September 2017 | 16:29 WIB
Pangdivif 1 Kostrad Kunjungi Latma Garuda Shield-11/2017 di Sukabumi

Pangdivif 1 Kostrad Kunjungi Latma Garuda Shield-11/2017. (FOTO: PENERANGAN KOSTRAD/LINDO)

SUKABUMI, LINDO - Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad, Mayor Jenderal TNI Ainurrahman meninjau Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield-11 di Sukabumi, Jawa Barat. Kunjung ini berlangsung selama dua hari di dua tempat latihan yang berbeda, Rabu (27/9).

Hari pertama kunjungan dilaksanakan di Mayonif 310/KK Cikembar Sukabumi disambut oleh Komandan Latihan (Exercise Director) Letnan Kolonel Infanteri Khabib Mahfud, dan Colonel Roger Pukahi untuk meninjau pelaksanaan Command Post Exercise (CPX), Combined Tactical Operation Center (CTOC) dan Aviation (TNI AD dan US Army).

Dalam kesempatan tersebut Pangdivif 1 Kostrad meninjau secara langsung proses latihan Posko yang sudah memasuki Tahap Dinamika.

“Pada dasarnya pelaksanaan CPX (Latihan Posko) sama dengan yang sering dilaksanakan oleh TNI AD, hanya saja mungkin ada beberapa istilah dan tahapan pelaksanaan yang sedikit berbeda”, ujar Ainurrahman.

Di hari kedua, Panglima Divif 1 Kostrad meninjau pelaksanaan latihan gabungan antara Aviation dan pasukan darat kedua negara yang dilaksanakan di medan latihan Kostrad di Cibenda, Sukabumi.

Skenario yang dilatihankan yaitu  Aviation dengan menggunakan 3 helly Bolcow, 1 helly MI 17, dan 3 helly Apache menghancurkan sasaran darat dilanjutkan dengan serbuan munisi tajam oleh pasukan yang bermanuver di darat. Namun latihan penembakan oleh Aviation batal dilaksanakan karena buruknya cuaca di daerah latihan.

“Sampai dengan saat ini pelaksanaan latihan berjalan dengan lancar dan aman, hanya saja untuk Aviation masih terkendala cuaca karena di daerah Sukabumi sudah masuk ke musim penghujan. Semoga saja sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan dari Latma ini”, pungkas Pangdivif 1 Kostrad. (PERENGAN KOSTRAD)

Berita Terkait