Sabtu, 15 Desember 2018 | 21:01:34 WIB

Bupati Halbar Bersama Dandim Ternate Adakan Penanaman Benih Padi

Kamis, 28 September 2017 | 18:21 WIB
Bupati Halbar Bersama Dandim Ternate Adakan Penanaman Benih Padi

Bupati Halmahera Barat Danny Missy dan Dandim 1501/Ternate Letkol Infanteri Abdul Razak Rangkuti bersama jajaran pimpinan SKPD Pemkab Halbar melakukan penanaman perdana benih padi di Desa Tugu Air, Kecamatan Ibu Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara, Kamis (28/9). (FOTO: PENREM 152 BABULLAH/LINDO)

HALBAR, LINDO - Bupati Halmahera Barat Danny Missy dan Dandim 1501/Ternate Letkol Infanteri Abdul Razak Rangkuti bersama jajaran pimpinan SKPD Pemkab Halbar, Kamis (28/9) siang melakukan penanaman perdana benih padi di Desa Tugu Air, Kecamatan Ibu Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara.

Bupati Halmahera Barat Danny Missy megatakan lahan sawah seluas 80 hektar itu adalah hasil cetak sawah dari masyarakat di Desa Tugu Air, Kecamatan Ibu Selatan bersama TNI Angkatan Darat dibawah jajaran Kodim 1501 Ternate.
 
"Sawah seluas 80 hektar ini adalah hasil kerjasama dengan TNI AD dan masyarakat Ibu Selatan. Dalam penanaman tersebut apabila program ini berhasil maka Kementerian Pertanian akan memberikan bantuan cetak sawah tambahan sebanyak 1.000 hektar. Untuk itu, saya meminta khususnya kepada masyarakat Desa Tugu air mari kita bekerja lebih bersungguh-sungguh karena hasil panennya nanti bisa membantu perekonomian masyarakat dimana potensi hasil dari tiap 1 Ha adalah 6 Ton apabila dikali total lahan serta harga beras saat ini maka akan diperoleh hasil yang dapat dinikmati oleh masyarakat," kata Bupati.

Bupati juga menegaskan dalam penanaman nanti terdapat kendala maka dia berharap pada warganya segera melaporkan kepada Kepala Desa maupun Camat untuk ditindaklanjuti kepada Kadis Pertanian maupun dirinya.

"Apabila terdapat kendala dilapangan anda semua bisa laporkan kepada Kepala Desa maupun Camat supaya bisa dilanjutkan kepada Kadis Pertanian maupun kepada saya," ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan program unggulan ini adalah pemberian pemerintah pusat yang diprioritaskan pada pertanian, perikanan dan pariwisata.

"Untuk dibidang pertanian kita telah menganggarkan dalam APBD. Namun perluasan pertanian tidak hanya diperuntukan pada sawah saja, namun ada juga penanaman lain seperti tanaman palawija jagung, tomat, kol dan lain sebagainya," tuturnya.

Pada sektor distribusi, Bupati menjelaskan Pemkab Halbar telah memiliki kerjasama yaitu Segitiga Emas antara Ternate, Tidore dan Halmahera Barat.

"Saya memiliki target kedepan Halmahera Barat ini dapat menjadi penyangga dalam hal penyuplai kebutuhan dari ketiga daerah tersebut yang tentu saja terlebih dahulu kita penuhi kebutuhan di daerah kita sendiri," bebernya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Halbar ingin memberikan stimulus membuat percontohan di lingkungan pemerintahan. Selain TNI AD dan Dinas Pertanian Bupati akan memberikan bantuan kepada Kepolisian, Kejaksaan maupun instansi lainnya.

"Kedepan saya juga akan memberikan stimulus membuat percontohan di lingkup pemerintahan. Saya juga akan coba memberikan bantuan kepada Kepolisian, Kejaksaan maupun instansi lainnya yang masing-masing sebanyak 10 hektar agar dapat memberdayakan dan memaksimalkan hasil yang diperoleh," paparnya.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penanaman perdana oleh Bupati Halbar beserta Forkopimda dan masyarakat serta penyerahan secara simbolis sawah seluas 80 hektar kepada Dinas Pertanian Kabupaten Halbar dan kelompok tani.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti menyampaikan sejauh ini pihaknya telah mencetak sawah seluas 180 hektar di Halmahera Barat termasuk di Desa Tugu Air ini.

"Kita optimis program ini dapat berjalan dengan baik terlebih dukungan penuh dari Pemda maupun respon positif dari masyarakat, sehingga kedepan berdasarkan pernyataan Bupati tadi maka kita wujudkan Halmahera Barat ini menjadi lumbung pangan yang tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan sendiri tetapi juga dapat mengirimkan ke luar daerah lainnya," jelas Dandim.

Selain dihadiri Bupati Halmahera Barat Halbar dan Dandim 1501/Ternate, penanam itu juga dihadiri oleh Kajari Halbar AADG Satyia, Pimpinan SKPD Pemkab Halbar, Camat Ibu Selatan Rauf Dade, Perwira jajaran Kodim 1501/Ternate serta dihadiri kelompok tani dan masyarakat Desa Tugu Air. (Faisal/Penrem 152)

Berita Terkait