Sabtu, 20 Januari 2018 | 10:32:28 WIB

Kapal Perang Koarmatim Unjuk Kebolehan Dalam HUT TNI Ke-72

Senin, 2 Oktober 2017 | 11:05 WIB
Kapal Perang Koarmatim Unjuk Kebolehan Dalam HUT TNI Ke-72

Jelang HUT TNI ke-72, sejumlah armada milik TNI AL, AU dan AD seperti kapal perang dan helikopter di arahkan dalam unjuk kebolehan di perayaan HUT TNI ke 72 di Cilegon, Banten, Sabtu (30/9). (FOTO: DISPEN ARMATIM/LINDO)

CILEGON, LINDO - Menjelang acara puncak peringatan HUT ke-72 TNI tahun 2017 yang akan dilaksanakan pada 5 Oktober mendatang di Banten, Satuan Tugas (Satgas) yang tergabung dalam Tim Demo Gabungan TNI yang terdiri dari tiga matra yaitu darat, laut dan udara melaksanakan gladi kotor pertama di Pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten, Sabtu (30/9) kemarin.

Gladi kotor disaksikan langsung Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim (Danguspurlatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Rachmad Jayadi,  selaku Komandan GT Demo Laut, didampingi oleh Wadan GT Kolonel Laut (P) Retiono Kunto.

Dalam latihan itu, Satgas Tim Demo Gabungan TNI melakukan pemantapan skenario latihan yang sudah direncanakan sesuai dengan sesungguhnya. Bidang yang terlibat dalam demo tempur laut antara lain bidang UT Udara, demo laut, sailing pass, demo pasukan katak dan pengamanan laut.

Demo laut gabungan diawali dengan ketrampilan prajurit yaitu sea cast  prajurit kopaska dalam rangka mendukung halang rintang laut dengan menggunakan 3 kapal cepat PC 43 dan GKK lintas helly dengan fast rope. Sedangkan dalam demo halang rintang laut akan melibatkan 2 LPD, 3 Helly Bell dan 2 Helly Bolcow.

Kemudian Kopaska TNI AL melaksanakan demo melewati halang rintang laut dengan renang dan dilanjutan membalikan sekoci serta mendayung ke pantai.

Selanjutnya tim demo unsur KRI melaksanakan Sailling pass yang di ikuti oleh 7 divisi kapal perang dan selanjutnya dilaksanakan parade hely dan pesawat udara.

Kemudian Demo tempur laut yang melibatkan 14 unsur KRI, 1 unsur udara Helly Panther dan unsur marinir dengan  22 ranpur. Serta bantuan tembakan kapal BTK maupun bantuan serangan udara dari 4 pesawat Sukhoi TNI AU. (DISPEN ARMATIM/LINDO)

Berita Terkait