Rabu, 18 Juli 2018 | 23:27:15 WIB

997 Peserta Wisata Nusantara Bersatu Saksikan Upacara Hut ke-72 TNI.

Kamis, 5 Oktober 2017 | 22:19 WIB
997 Peserta Wisata Nusantara Bersatu Saksikan Upacara Hut ke-72 TNI.

(FOTO : DISPENAD/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Sebanyak 997 orang peserta Wisata Nusantara Bersatu yang terdiri dari 730 siswa dari keluarga asuh prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan 267 siswa berprestasi dari SMP dan mahasiswa seluruh Indonesia menyaksikan secara langsung upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) ke-72 TNI, yang dipusatkan di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10).

Dengan menggunakan Kapal KRI Tanjung Nusanive dari Dermaga Tanjung Priok Jakarta, para peserta Wisata Nusantara Bersatu, tiba di Pelabuhan Merak Banten dan langsung menuju lokasi peringatan Hut ke-72 TNI.

Terpancar semangat dan keceriaan dari para peserta mengikuti kegiatan Wisata Nusantara Bersatu ini dan ingin segera menyaksikan upacara parade dan defile serta berbagai ketangkasan dan atraksi yang disuguhkan oleh prajurit-prajurit TNI dari ketiga Matra TNI.

Inilah kali pertama mereka menyaksikan secara langsung gelaran Hut TNI. Begitu pula antusias masyarakat di Kota Cilegon, Serang dan sekitarnya. Puluhan ribu masyarakat sejak pagi buta berbondong-bondong menuju Dermaga Indah Kiat untuk menyaksikan aksi-aksi terlatih dan profesional yang ditunjukan para prajurit serta melihat berbagai jenis Alutsista modern  yang dimiliki TNI dan berkesempatan naik diatas Tank Leopard Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) melintasi mimbar podium.

Sementara itu, Asisten Teritorial Kasad Mayjen TNI Widagdo usai pelaksanaan Upacara HUT ke-72 TNI mengatakan, seluruh peserta Wisata Nusantara Bersatu, terdiri dari para siswa dari keluarga asuh prajurit TNI pada pelaksanaan TNI Manungal Membangun Desa (TMMD) dan siswa berprestasi di seluruh Indonesia.

“Tujuannya adalah untuk mengenalkan para siswa tentang tugas TNI menjaga kedaulatan NKRI sekaligus menumbuhkan kecintaan kepada bangsa dan negara,” terang Mayjen TNI Widagdo.  

Mereka lanjutnya, adalah para siswa berprestasi yang terdiri dari mahasiswa dan siswa SMP dari seluruh Indonesia.  Tujuannya diadakan Wisata Nusantara Bersatu ini adalah untuk mempersatukan berbagai keragaman budaya dan memberikan pengalaman dan kebanggan kepada mereka. “Mereka sangat senang mengikuti kegiatan ini terlebih dapat menyaksikan langsung perayaan HUT ke -72 TNI ini," ungkap Aster Kasad.

Setelah menyaksikan puncak acara Hut ke-72 TNI, para peserta Wisata Nusantara Bersatu kembali ke Jakarta menggunakan Kapal KRI Tanjung Nusanive  untuk selanjutnya kembali ke daerah masing-masing.

Berita Terkait