Minggu, 22 Oktober 2017 | 07:53:06 WIB

FKN Unhan Gelar Seminar Hasil Penelitian Pusat Studi Keamanan Maritim

Rabu, 11 Oktober 2017 | 23:02 WIB
FKN Unhan Gelar Seminar Hasil Penelitian Pusat Studi Keamanan Maritim

(FOTO : HUMASUNHAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Fakultas Keamanan Nasional (FKN) Universitas Pertahanan (Unhan) menggelar Seminar Hasil Penelitian Pusat Studi Keamanan Maritim dengan Purnomo Yusgiantoro Center serta ITB dengan Tema “Dampak Infrastruktur Maritim Dasar Laut Natuna Indonesia terhadap Keamanan Nasional”, di Aula Nusantara, Gedung Urip Sumoharjo, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Jakarta Pusat (Jakpus), Selasa (10/10).

Seminar dibuka oleh Rektor Unhan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil dan dihadiri Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu selaku Keynote Speech, dan sebagai pemapar Dekan Fakultas MP Unhan Laksda TNI Dr. A. Octavian, S.T., M.Sc., DESD.

Selaku penanggap adalah Deputi I Kedaulatan Maritim Kemenko Kemaritiman Dr. Arif Havas Oegroseno, SH., MH, Direktur Hukum dan Perjanjian Kewilayahan Ditjen Hukum dan Perjanjian Internasional, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Bebeb A.K.N. Djundjunan serta Dosen Universitas Indonesia (UI) Dr. Andi Wijayanto, Dirjen Hubla u.p Direktur Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Marwansyah SH., MH.

Dalam sambutannya Rektor Unhan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil menyampaikan, penelitian tersebut dimulai sejak bulan Juni 2017 sampai dengan bulan Oktober 2017. penelitian ini sendiri, selain mengumpulkan bahan pustaka terkait, juga menggali data dan informasi di lapangan kepada berbagai pihak yang memiliki kaitan dengan tema penelitian ini, yaitu Analisis Dampak Infrastruktur Maritim Dasar Laut terhadap Keamanan Nasional.

Penelitian ini juga melibatkan para pakar dari berbagai perguruan tinggi lain, seperti dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Maritim Raja Ali Haji dan Lembaga Sandi Negara yang sedang bertransformasi menjadi Badan Siber dan Sandi Negara. selain bersifat Multidisipliner, penelitian ini juga lintas perguruan tinggi dan lintas Institusi.

Rektor Unhan berharap penelitian ini menjadi sebuah kerjasama yang dapat terus berlangsung sampai di masa yang akan datang, juga agar penelitian ini bisa bermanfaat bagi Pemerintah, khususnya Kementrian dan Lembaga Negara yang dalam tupoksinya berkaitan dengan persoalan Infrastruktur Maritim dasar laut, serta dapat menambah wawasan tentang dampak Infrastruktur Maritim Dasar Laut terhadap Keamanan Nasional.

Seminar ini dihadiri pula oleh Prof Dr. Purnomo Yusgiantoro, M.A, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, MBA, Laksamana TNI (Pur) Dr. Marsetio, Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji Batam  dan sejumlah Pejabat Eselon I dan II Unhan dan Kemhan.

EDITOR : ARMAN R

Berita Terkait

Baca Juga