Minggu, 22 Oktober 2017 | 00:30:22 WIB

Kohanudnas Gelar Sosialisasi Sishanudnas Bagi Unsur Hanud TNI AD

Kamis, 12 Oktober 2017 | 08:47 WIB
Kohanudnas Gelar Sosialisasi Sishanudnas Bagi Unsur Hanud TNI AD

(FOTO : PENKOHANUDNAS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) mengadakan sosialisasi Sistem Pertahanan Udara Nasional (Sishanudnas) yang diperankan Kohanudnas bagi unsur-unsur Pertahanan Udara (Hanud) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), di Aula Leo Wattimena, Markas Kohanunas, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (10/10).

Sosialisasi tersebut bertujuan mensinergikan unsur-unsur Hanud TNI AD dengan Kohanudnas agar ke depan timbul saling pengertian, koordinasi dan komunikasi sehingga terbangun soliditas dalam tugas-tugas pertahanan udara nasional secara utuh.

Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda TNI Yuyu Sutisna S.E,M.M., dalam sambutannya mengatakan, Kohanudnas memiliki tugas untuk menyelenggarakan upaya pertahanan keamanan terpadu atas seluruh wilayah udara nasional, baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan kotama ops TNI lainnya.

"Melalui tugas itu, diharapkan dapat diwujudkan dan dipertahankan kedaulatan serta keutuhan wilayah udara negara kita secara nyata," harap Marsda TNI Yuyu Sutisna.   

Untuk itu lanjutnya, pada saat ini Kohanudnas menggelar sosialisasi dengan unsur-unsur Hanud TNI AD agar sinergitas antara unsur-unsur Hanud TNI AD dengan Kohanudnas dan jajarannya dapat dirintis, dibuka komunikasi agar ke depan dapat terjalin kerjasama sehingga terwujud satu sistem senjata Hanud yang terintegrasi.

Kolonel Pnb Djoko Hadipurwanto sebagai Asisten Operasi (Asops) Kas Kohanudnas memaparkan, profil Kohanudnas mulai dari tugas, operasi-operasi, latihan-latihan, Alutsista Radar, tingkat kesiapsiagaan, unsur-unsur hanud, alutsista unsur hanud dan konsep pengembangan ke depan.  

"Beberapa tantangan Kohanudnas, antara lain seperti belum dimilikinya unsur-unsur penindak baik pesawat tempur sergap, penindak low speed, rudal darat ke udara dan satuan penembak oleh Kohanudnas dan adanya ancaman dari wahana udara berkecepatan rendah dan ketinggian rendah," ungkap Kolonel Pnb Djoko Hadipurwanto.

Selain itu, Kolonel Arh Blasius Propilus selaku Direktur Pembinaan Senjata Artileri Pertahanan Udara pada Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AD (Dirbinsenarhanud Kodiklatad) menampilkan paparan “Optimalisasi Unsur Hanud TNI AD dalam Sishanudnas”.  

Kolonel Arh Blasius Propilus menjelaskan, Arhanud TNI AD merupakan salah satu kecabangan TNI AD dan sebagai kekuatan yang menjalankan fungsi tembakan darat ke udara dalam rangka menghancurkan, meniadakan atau mengurangi daya guna dan hasil guna segala bentuk ancaman udara dalam pertempuran.

Ia juga menjelaskan mengenai kemampuan, kesiapan Alutsista arhanud, satuan-satuan arhanud dan konsep penggelaran ke depan.

Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Pusat Operasi Pertahanan Udara Nasional (Popunas).  

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kaskohanudnas Marsma TNI Tamsil Gustari Malik, Pangkosekhanudnas I,II,III dan IV, para pejabat Kohanudnas, Kosekhanudnas I dan Pussenarhanud, Dirbinsenarhanud Kodiklat TNI AD, para Dansat Hanud TNI AD ( Danyonarhanud, Dandenrudal, Baterai Arhanud TNI AD seluruh Kodam dan Kostrad).

EDITOR : ARMAN R

Berita Terkait

Baca Juga