Senin, 20 November 2017 | 14:30:40 WIB

Sebuah Perusahaan Swasta Diduga Menempatkan TKI Ilegal ke Negara Timur Tengah

Senin, 16 Oktober 2017 | 15:48 WIB
Sebuah Perusahaan Swasta Diduga Menempatkan TKI Ilegal ke Negara Timur Tengah

Ilustrasi - Seorang TKI menunjukkan identitas paspor. (FOTO: ANT/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) PT Elshafah Adi Wiguna Mandiri (PT EAWM) diduga melakukan penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) informal/Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) secara ilegal ke negara kawasan Timur Tengah, khususnya ke Saudi Arabia dan Abu Dhabi.

“Modus dari  PPTKIS PT EAWM ini, memasukan Tenaga Kerja Wanita (TKW ) dari daerah, yang diduga diproses di kantor PT EAWM di Jalan Persahabatan, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur (Jaktim).  Selanjutnya para TKW tersebut ditempatkan ke negara Saudi Arabia dan Abu Dhabi, melalui Malaysia atau negara lainnya untuk transit, setelah itu ke negara tujuan penempatan,” kata anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemerhati TKI yang tidak mau disebutkan identitasnya, di Jakarta, Senin (16/10).   

Padahal perusahaan tersebut, ijinnya untuk penempatan TKI negara kawasan Asia Pasifik (Aspak) yang berpusat di Jalan Munggang, Condet, Jaktim. Pemerintan Indonesia juga telah melarang PPTKIS untuk menempatan TKI informal ke semua negara kawasan Timur Tengah (Timteng) ini mulai Mei 2015 lalu.

Anggota LSM tersebut menyampaikan, dugaan penempatan TKI informal ke negara kawasan Timur Tengah ini berdasarkan pengakuan calon TKI dan sponsor (perekrut) calon TKI.  

“Diduga penempatan TKI informal wanita oleh PT EAWM ke negara Timteng ini, sudah cukup lama.  Kami minta Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) dan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menindak tegas PT tersebut, karena sudah jelas melanggar,” tegasnya. (ARMAN RACHMADI)

EDITOR : SUPRIYANTO

Berita Terkait

Baca Juga