Senin, 20 November 2017 | 11:00:04 WIB

Panglima TNI Ditolak, Duta Besar Amerika Serikat Meminta Maaf

Senin, 23 Oktober 2017 | 10:05 WIB
Panglima TNI Ditolak, Duta Besar Amerika Serikat Meminta Maaf

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bersama istri dalam sebuah acara di Jakarta. (FOTO: PUSPEN TNI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta mengeluarkan pernyataan resmi soal penolakan US Custom and Border atas rencana kehadiran Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, istri, dan rombongan ke Amerika Serikat, hari ini. 
 
Dalam pernyataan resmi sebagaimana dikutip hari ini, di Jakarta, Minggu (22/10), Duta Besar Amerika Serikat, Joseph Donovan, menyatakan, telah meminta maaf kepada Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, atas ketidaknyamanan yang dialami Nurmantyo itu. 
 
Pernyataan itu menegaskan pula bahwa Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta telah dan selalu siap memfasilitasi kehadiran Nurmantyo ke Amerika Serikat. Kami tetap berkomitmen pada kemitraan strategis dengan Indonesia sebagai cara mewujudkan keamanan dan kesejahteraan kepada kedua bangsa dan warga. 
 
Dalam pernyataan itu, dikatakan bahwa kehadiran Nurmantyo semula atas undangan Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, Jenderal Joseph Dunford Jr, guna menghadiri simposium internasional bertajuk Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremism, pada 23-24 Oktober, di Washington DC.
 
Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta telah berhubungan dengan staf Nurmantyo guna kepentingan itu, bahkan pada hari libur akhir pekan, semata untuk memfasilitasi keberangkatan itu.  (ANT)

EDITOR : AHAMD DAILANGI

Berita Terkait

Baca Juga