Minggu, 19 November 2017 | 17:15:43 WIB

Empat Anggota Brimob Tertembak di Tembagapura

Senin, 23 Oktober 2017 | 10:45 WIB
Empat Anggota Brimob Tertembak di Tembagapura

Personil Brimob sedang berjaga-jaga di area tambang milik PT Freeport Indonesia di Papua. (FOTO: JURNAS/LINDO)

JAYAPURA, LINDO - Empat anggota Brimob Polda Papua, Senin (23/10), tertembak saat terjadi kontak senjata di kawasan Banti, Tembagapura.

Sumber kepolisian di Polda Papua membenarkan adanya empat anggota Brimob yang tertembak dalam baku tembak tersebut.

"Benar ada empat anggota yang tertembak yaitu Ipda Giay terkena di tangan kiri, Bripda Hence di kaki kiri, Bripda Mario di telapak tangan kiri dan Aipda Mustari paha kiri," kata sumber tersebut.

Satu anggota Brimob yang tertembak di bagian perut dalam kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di area Tembagapura, Mimima, Papua, pada Sabtu (21/10), baru akan dievakuasi ke Jakarta pada Senin siang untuk mendapat perawatan intensif di RS Polri Kramatjati.

"Anggota Brimob atas nama Bharada Alwin terkena tembakan di bagian perut serta serpihan peluru mengenai lambung dan kandung kemih baru akan diterbangkan ke Jakarta siang ini ke Jakarta," kata Kapolres Mimika AKBP Viktor Makbon di Timika, Senin.

Viktor mengatakan kedua anggota Brimob yang mengalami luka tembak yaitu Brigpol Mudafol yang terkena di bagian kaki dan Bharada Alwin terkena di bagian perut serta serpihan peluru mengenai lambung dan kandung kemih sejak Sabtu (21/10) dirawat di Rumah Sakit Tembagapura.

"Brigpol Mudafol yang terkena dibagian kaki sementara ini masih dirawat di RS Tembagapura," ujarnya.

Sedangkan jenazah Briptu Berry Pratama, anggota Brimob Polda Papua yang tewas dalam pengejaran kelompok bersenjata di Tembagapura, juga akan diterbangkan ke Bengkulu melalui Jakarta, Senin, untuk dimakamkan di kampung halamannya.

Sebelumnya dua anggota Brimob dari Detasemen B Mimika mengalami luka tembak saat kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di kawasan gunung Sangker, Utikini, Tembagapura pada Sabtu (21/10) ketika melakukan pengejaran pascapenembakan kendaraan patroli keamanan internal PT Freeport Indonesia di area mile 67.

Aksi penembakan yang terjadi Sabtu (21/10) di mile 67,5 menyebabkan dua kendaraan PT.Freeport yang dikemudikan Muhamad Jamil dengan nomor lambung 01 4755 dan kendaraan dengan nomor lambung 01 5504 yang dikemudikan Joe Hacth berkebangsaan Amerika Serikat terkena tembakan di bagian sebelah kiri.

Bahkan tembakan tersebut mengakibatkan supir kendaraan dengan nomor lambung 01 4755 mengalami luka akibat terkena serpihan kaca. Kedua kendaraan tersebut ditembak KKB saat hendak menjemput anggota Brimob yang akan melakukan patroli. (ANT)

EDITOR : AHAMD DAILANGI

Berita Terkait

Baca Juga