Kamis, 15 November 2018 | 01:00:44 WIB

Pushidrosal Terima Kunjungan Peserta Susjemenrengar Pertahanan

Rabu, 25 Oktober 2017 | 20:16 WIB
Pushidrosal Terima Kunjungan Peserta Susjemenrengar Pertahanan

Peserta Susjemenrengar mengunjungi Dinas Pemetaan Pushidrosal. (FOTO: DISINFOLAHTA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menerima kunjungan 45 peserta Kursus Manajemen Perencanaan dan Penganggaran (Susjemenrengar) Pertahanan angkatan XLV Tahun Anggaran 2017 di Mako Pushidrosal Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur, Jakarta Utara, Rabu (25/10).

Kedatangan rombongan yang didampingi oleh satu pembimbing tersebut diterima oleh  Sahli Jemen  Kolonel Laut (KH) Tri Wiyanto mewakili Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro.

Kapushidrosal dalam sambutan yang dibacakan Sahli Jemen mengatakan  bahwa selaku Lembaga Hidrografi, tugas yang diemban Pushidrosal tidaklah ringan, karena Pushidrosal  harus mampu memenuhi tuntutan publik dalam menyiapkan data serta informasi hidrografi dan oseanografi di seluruh perairan NKRI dengan akurat, mutakhir dan terpercaya.

Pushidrosal dituntut untuk mampu menyiapkan dan menyediakan produk kenautikaan yang selalu up to date bagi kepentingan keselamatan pelayaran di Indonesia.

Lebih lanjut Kapushidrosal menyampaikan, di bidang Diplomasi batas maritim,  Pushidrosal turut mengemban fungsi diplomasi, yang selalu dilibatkan sebagai delegasi Indonesia sebagai tim teknis Kemenlu RI dalam setiap perundingan penetapan batas maritim dengan negara tetangga, yang mencakup batas laut teritorial, ZEE, maupun landas kontinen.

Pada akhir sambutannya, Kapushidrosal mengharapkan kepada para peserta Susjemenrengar  agar memanfaatkan kesempatan kunjungan yang singkat tersebut untuk menambah ilmu dan pengetahuan serta wawasan bidang hidro-oseanografi.

Pada kegiatan kunjungan ini, peserta menerima pemaparan tentang tugas Pokok Pushidrosal selaku lembaga hidrografi nasional, peran dan kiprah yang telah dilaksanakan selama ini, serta produk-produk yang telah dihasilkan berupa Peta laut Indonesia serta publikasi nautika lainnya yang disampaikan oleh salah seorang perwira menengah Pushidrosal  Mayor Laut (KH) KI Fatoni

Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi masing-masing Dinas di lingkungan Pushidrosal yaitu; Dinas Pemetaan, Dinas Prodisi, serta Hydrographic Data Centre (HDC) guna mengetahui tugas masing-masing bagian dalam mendukung tugas pokok Pushidrosal. (DISINFOLAHTA)

Berita Terkait