Senin, 20 November 2017 | 11:03:43 WIB

Gempa 2,9 Skala Richter Guncang Mandailing Natal

Senin, 13 November 2017 | 00:18 WIB
Gempa 2,9 Skala Richter Guncang Mandailing Natal

Ilustrasi - Sebuah rumah hancur dan bergeser hingga 25 meter di wilayah Juata Kerikil Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa (29/12). (FOTO: ANT/LINDO)

MEDAN, LINDO - Gempa berkekuatan 2,9 Skala Richter (SR), Minggu (12/11) malam guncang wilayah Mandailing Natal, Sumatera Utara.

"Gempa magenetik terjadi pukul 21.01 WIB," ujar Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Edison Kurniawan di Medan, Minggu (12/11) malam.

Gempa yang berlokasi 0.59 Lintang Utara dan 98.72 Bujur Timur, di laut 73 kilometer Barat Daya Mandailing Natal itu berkedalaman 26 kilometer.

Menurut data dan informasi, gempa itu tidak dirasakan warga.

"BMKG tetap meminta masyarakat waspada dan tidak mempercayai isu-isu.Masyarakat diminta mendengarkan arahan BMKG dan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD)," katanya.

Dia mengakui gempa beberapa kali melanda daerah Sumut seperti Karo.

Analisis BMKG memang menunjukkan curah hujan dan angin kencang masih terus melanda daerah Sumut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencsna (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan pemerintah daerah diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam.

Banjir yang sudah melanda beberapa daerah seperti Sumut misalnya diperkirakan bisa berlangsung hingga awal tahun 2018.

"BNPB sudah menyurati pemerintah daerah dan BPBD melakukan antisipasi dan penanganan serius terhadap bencana," ujar Sutopo Purwo Nugroho. (ANT)

EDITOR : ALDY MADJIT

Berita Terkait

Baca Juga