Kamis, 26 April 2018 | 16:29:15 WIB

Kasal Tinjau Satgas Sail Sabang 2017

Senin, 20 November 2017 | 20:13 WIB
Kasal Tinjau Satgas Sail Sabang 2017

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P didampingi oleh Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suarya, secara langsung meninjau Satuan Tugas (Satgas) Pelantara VII dan Bakti Bela Negara 2017, Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (20/11).

Satgas Pelantara VII dan Bakti Bela Negara Sail Sabang 2017, dipimpin oleh Letkol Laut (P) Sukrisno, yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubdisbinpuan Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar).  Satgas ini akan melaksanakan kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara VII yang diikuti oleh para peserta dari Saka Bahari dan Bela Negara.

Kegiatan Pelantara merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang digelar setiap kegiatan Sail, kali ini di selenggarakan dalam Sail Sabang yang bertemakan "National Character Building".

Kegiatan Pelantara dan Bakti Bela Negara pada tahun ini diikuti kurang lebih sebanyak 840 orang yang rencananya akan berlayar selama kurang lebih satu bulan mulai dari 20 November sampai dengan 16 Desember 2017, yang terdiri dari panitia Dispotmar 35 orang, tim pendukung 11 orang, Dewan Kerja Nasional 11 orang, narasumber 6 orang, Marinir 13 orang, ABK KRI 125 orang, Bela Negara 50 orang, wartawan 2 orang,  Pramuka Saka Bahari 331 orang, panitia dan peserta Bela Negara 256 orang.

Rute Satgas Pelantara VII dan Bakti Bela Negara akan menyinggahi beberapa pelabuhan/pangkalan TNI Angkatan Laut, yakni Batam - Belawan - Sabang - Padang - Bengkulu – Jakarta dengan menggunakan KRI Banda Aceh-593 yang merupakan kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) yang di Komandani Letkol Laut (P) Whisnu Kusardianto, alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan Ke- 43. KRI Banda Aceh-593 masuk dalam jajaran Kapal Satuan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Pada kesempatan tersebut, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi menyampaikan, program ini akan memberikan semangat dan membentuk karakter bangsa dari TNI Angkatan Laut,  kegiatan ini telah di gagas sejak awal pada Satgas Bintal Juang Remaja Bahari,  Satgas Kartika Jala Krida, Satgas Surya Bhaskara Jaya, dan Pelayaran Lingkar Nusantara.

"Belajarlah dengan baik karena seluruh bangsa memiliki kesempatan untuk berlayar dalam membentuk karakter jiwa kemaritiman yang kuat," ujar Kasal.

Kegiatan Pelantara VII dan Bakti Bela Negara Sail Sabang 2017 ini lanjutnya, akan melaksanakan berbagai kegiatan, meliputi ceramah/Pembekalan :  bela negara, motivasi dan kemaritiman, pembinaan mental dan disiplin, pengenalan kehidupan di kapal perang, kegiatan kepramukaan dan kesakabaharian, dinamika kelompok, mandi khatulistiwa, dan pentas seni.

Kegiatan lainnya yang dilaksanakan adalah, budaya, giat prestasi, pencapaian Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Krida Bahari, kegiatan api unggun, acara puncak Sail Sabang 2017, pembekalan materi oleh tokoh pemerintahan daerah setempat dan TNI AL, kunjungan ke tempat sejarah/wisata bahari, kegiatan Baksos dan bersih pantai, Pencapaian Tanda Kecakapan Khusus/TKK Saka Bahari, pentas seni budaya dan karnaval nusantara, serta penandatanganan prasasti Monumen Pelantara.

Selain itu, peserta Pelantara VII dan Bakti Bela Negara ini rencananya akan melaksanakan perkemahan di Batam selama 3 hari mulai 23 sampai dengan 25 November 2017, di pantai Ocarina Batam dan di Sabang selama lima hari mulai 30 November sampai dengan 4 Desember 2017 di Bumi Perkemahan Sabang.

Turut hadir pada peninjauan Satgas Pelantara VII dan Bakti Bela Negara Sail Sabang 2017 di KRI Banda Aceh-593 yaitu, Ketua Umum Jalasenastri Ny.  Endah Ade Supandi, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal)  Laksdya TNI A. Taufiq R, para pejabat utama Mabesal, para Pimpinan Kotama, para Kepala Dinas jajaran Mabesal, komandan KRI Banda Aceh-593 Letkol Laut (P) Whisnu Kusardianto, serta komandan Satgas Letkol Laut (P) Sukrisno.

Berita Terkait