Selasa, 17 Juli 2018 | 20:30:47 WIB

Danpasmar 2 Tinjau Persiapan Latihan “Raksa Yudha - 17” Dan Peresmian Yonmarhanlan XII/PTK

Selasa, 21 November 2017 | 18:23 WIB
Danpasmar 2 Tinjau Persiapan Latihan “Raksa Yudha - 17” Dan Peresmian Yonmarhanlan XII/PTK

(FOTO : DISPENLANTAMALXII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi diwakili Wakil Komandan Lantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Joko Sumitro, menerima kunjungan Komandan Pasmar 2  Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr(Han), dalam rangka peninjauan latihan “Raksa Yudha.17” dan persiapan peresmian Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII/PTK Pasmar-2 Tahun 2017, di Markas Komando (Mako) Lantamal XII Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (21/11).

 

Yonmarhanlan XII/PTK adalah satuan pelaksana Pasukan Marinir 2 yang bertugas membina dan menyiapkan kekuatan serta kemampuan unsur-unsur pertahanan pangkalan dan menyelenggarakan tugas-tugas pengamanan pangkalan utama Angkatan Laut di wilayah Lantamal, pembinaan Satuan Yonmarhanlan merupakan tugas dan tanggung jawab Pasmar-2.

 

Namun dalam penyelenggaraan operasinya melaksanakan tugas-tugas-tugas dari Lantamal masing-masing. Yonmarhanlan XII/Pontianak memiliki posisi startegis, berada di perbatasan langsung dengan negara Malaysia, sehingga membutuhkan personel yang handal dan tangguh untuk mendukung serta menjamin stabilitas pertahanan dan keamanan wilayah Provinsi Kalbar.

 

Sehari Sebelum pelaksanaan Terjun Tempur (Jumpur) telah dilaksanakan Debarkasi Materil kendaraan Taktis, kendaraan Tempur dan Personel sebagai Tim Aju gelombang 1 dengan  kekuatan 65 personel yg dipimpin Mayor (Mar) Bambang Pramusinto terdiri dari personel Kolat, Pamlat, Menart, Menkav, Yonkes, Yonkom, Yonbekpal, Yon Taifib, dan Brigif 2.

 

Sedangkan Ranpur yang sudah tiba di Pontianak, diantaranya MLRS, Hino Amo, Aligator, BTR 4, Ganila, Ranbox, Truck LC, Truk SC, Sea Rider, Ambulance, alat penjernih serta Genset dengan menggunakan Kapal Cargo Caraka Jaya Niaga, di Dermaga Dwikora Pontianak. 

 

Pada latihan tersebut akan dilaksanakan latihan Terjun Tempur (Jumpur) berjumlah 1 peleton yang dilaksanakan oleh Prajurit Intai Amphibi Marinir 2, di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, dengan menggunakan Pesawat  Casa Basic U 621 sebagai Pilot Mayor Laut (P) Bambang dan Copilot Kapten Laut (P) Indra dan latihan pendaratan di Pantai Kura-kura, Kabupaten Singkawang, Kalbar 

 

Pendaratan amfibi itu, terdiri dari personel Kolat, Pamlat, Menart Yon Roket, Menkev Yon Kapa, Yon Tank, Yon Kes, Yon Kom, Yon Bekpal, Yon Taifib dan Brigif 2.

 

Selanjutnya di Desa Pasir Wan Salim Kabupaten Mempawah akan dilaksanakan Bhakti Sosial (Bhaksos) pada Minggu (26/11), dari jam 08.00 sampai selesai, meliputi pelayanan umum 600 orang, pelayanan gigi 300 orang dan khitanan 100 orang

 

Pada Senin (27/11) pemberangkatan sebanyak 300 prajurit Limed "Raksa Yudha -17" yang dipimpin langsung oleh Mayor (Mar) Avindudun sebagai Wadan Pasrat, dengan membawa perlengkapan perorangan  yaitu senjata, helm dan ransel yang beratnya 25 kg, Prajurit marinir  mulai start pukul 08.00 WIB  dari Markas Batalyon Infanteri (YONIF) 643/ WNS menuju Rumah adat Radang dengan jarak tempuh  + 15 Km Kota Pontianak.  

 

Setelah tiba di Kota Pontianak, Pasukan tempur marinir tersebut menerima sambutan hangat dari Masyarakat Kota Pontianak Kalbar, dengan adanya malam Prajurit yang dilaksanakan di rumah adat radang pada pukul 19.00-21.00 Wib yang diharapkan masyarakat akan lebih mengenal lagi Pasukan tempur  Marinir di bawah jajaran Lantamal XII Pontianak yang berada di Kabupaten Mempawah yang bertugas menjaga stabilitas pertahanan dan keamanan di Wilayah Kalbar. 

 

Untuk mengakhiri latihan “Raksa Yudha -17”, Sebanyak 400 personel pasukan tempur Marinir dan pendukung lainnya melaksanakan Kirab sepanjang 4,6 km pada Selasa (28 /11) pada pukul .07.00 Wib dari rumah adat radang ke alun-alun  Kota Pontianak dengan diikuti Alutsista pasukan tempur marinir  4 unit BTR-4, 2 unit MLRS Vampire, 1 unit tatra, 1 unit alligator, 2 unit truck 5T, 3 unit KIA, 1 unit ambulance, 1 unit searider, 1 unit voreider.

 

Setelah semua kegiatan latihan hingga acara Kirab Kota berakhir,  akan dilaksanakan Peresmian Yonmarhanlan XII/PTK Pasmar 2, di Alun- Alun Kapuas Kota Pontianak dengan Inspektur Upacara (Irup) Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han), dan sebagai Komandan Upacara Mayor (Mar) Ahmad Hadi.

 

Pada acara tersebut akan diramaikan oleh Demonstrasi para Pasukan terjun payung Freee fall Taifib( Intai Amfibi) Marinir, di alun-alun Kota Pontianak dengan dihadiri unsur TNI/Polri, Forkopimda serta masyarakat kota Pontianak.

 

Kegiatan tersebut melibatkan Unsur KRI dan Alutsista di bawah jajaran Kolinlamil, diantaranya Kapal Perang Indonesia (KRI) Teluk Bone, KRI Teluk Lampung, KRI Teluk Amboina, KRI Teluk Manado dan Kapal Cargo Caraka Jaya Niaga dan Pesawat Casa Basic U 621 serta 1200 personil Marinir/TNI AL.

Berita Terkait