Selasa, 12 Desember 2017 | 09:32:46 WIB

19 Delegasi Negara Pulau dan Kepulauan Kunjungi Pushidrosal di Jakarta

Rabu, 22 November 2017 | 14:26 WIB
19 Delegasi Negara Pulau dan Kepulauan Kunjungi Pushidrosal di Jakarta

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro saat memberi sambutan pada kunjungan Delegasi dari 19 negara Pulau dan Kepulauan di Pushidrosal, Jakarta. (FOTO: DISINFOLAHTA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Delegasi dari 19 negara Pulau dan Kepulauan mengunjungi Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal). Kunjungan tersebut diterima Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro di Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Selasa (21/11).

Kunjungan delegasi yang didampingi tujuh pendamping, personel BMKG, LIPI, UNDP serta duta besar Saint Kitts ke Pushidrosal tersebut merupakan rangkaian kegiatan persiapan tingkat pejabat tinggi untuk pembentukan forum negara-negara pulau dan kepulauan.

Sebelum mengunjungi Pushidrosal, delegasi telah mengadakan kunjungan ke Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman (Kemenkomar) dan diterima langsung oleh Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan dan Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Dalam sambutannya, Kapushidrosal antara lain menyampaikan bahwa Pushidrosal sesuai dengan tugas pokoknya berkewajiban menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi berupa Peta Laut Indonesia (PLI), baik peta kertas maupun elektronik (Electronic Navigational Chart/ENC) dan publikasi nautika untuk menjamin keselamatan pelayaran di perairan Indonesia.

Selain tugas-tugas tersebut Pushidrosal juga mempunyai peran penting dalam mitigasi bencana di laut, dengan menyediakan data yang akurat dan up to date  di daerah bencana dan terdampak bencana.

Berkaitan dengan hal tersebut, sebagai anggota East Asian Hydrographic Commission (EAHC), Pushidrosal turut berperan dalam upaya peningkatan pengetahuan melalui pelatihan Hydrographic Survey for Disaster Management  and Relief yang diikuti 12 negara anggota EAHC beberapa waktu lalu.

Kapushidrosal berharap, agar pertemuan ini dapat memberi manfaat bagi berbagai pihak sebagai salah satu referensi dalam persiapan pembentukan forum negara-negara pulau dan kepulauan, sebagai media dan wahana diskusi dan tukar informasi untuk kepentingan bersama.

Kegiatan delegasi 19 negara Pulau dan Kepulauan di Pushidrosal ini diakhiri dengan mengunjungi Dinas Pemetaan (Dispeta) dan Hydrographic Data Center (HDC), sebagai gambaran dari penyelenggaraan fungsi maupun implementasi teknologi terkini, khususnya Marine Spatial Data Infrastructure (MSDI) sebagai bagian dari perkembangan terkini aplikasi teknologi Pushidrosal. (DISINFOLAHTA)

EDITOR : AHMAD DAILANGI

Berita Terkait

Baca Juga