Senin, 22 Oktober 2018 | 06:37:43 WIB

Anggota TNI Amankan Pelaku Pencuri Mobil

Rabu, 20 Desember 2017 | 14:49 WIB
Anggota TNI Amankan Pelaku Pencuri Mobil

(FOTO : DISPENAD/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Kodam III/Siliwangi Serda Deden Saptaji berhasil mengamankan pelaku pencuri atas nama mobil milik Atiam Simatupang  dari amukan massa, di halaman parkir Hotel Santika, Jalan Pintu 1 Taman Mini Indonesia Indah,  Jakarta Timur, Selasa (19/12).

Kejadian ini berawal saat pelaku menjalankan aksinya melakukan pencurian mobil di lokasi parkir Hotel Santika TMII sekitar pukul 13.15 WIB dan diketahui oleh pemilik kendaraan yang  meneriaki “maling” kepada pelaku.

Panik aksinya diketahui, pelaku melarikan diri dengan menggunakan kendaraan Avanza yang dikendarai rekannya dan telah menunggu di luar area parkir hotel.  Pada saat tersebut,  Serda Deden Saptaji yang baru saja menjalankan Sholat Dzuhur di Musholla Hotel Santika melihat kerumunan massa yang  meneriaki maling kepada pelaku serta merta ikut melakukan pengejaran terhadap pelaku.

Dalam aksi pelariannya menggunakan mobil, para pelaku memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dan sempat menabrak mobil pengendara lainnya hingga akhirnya salah satu pelaku curanmor tersebut berhasil ditangkap warga. Sedangkan  pelaku lainnya yang mengemudikan kendaraan  berhasil melarikan diri.

Massa yang geram atas aksi pelaku, diamankan Serda Deden Saptaji  dan selanjutnya diperiksa untuk mengantisapi kemungkinan pelaku membawa senjata tajam.  

“Pelaku saya bawa ke Hotel Santika untuk diamankan karena massa yang ada di sekitar lokasi kejadian sudah geram untuk menghakimi tersangka bahkan ada yang ingin melempar kepalanya dengan batu besar,” ungkap Serda Deden Saptaji.

Dalam perjalanan menuju Hotel Santika, massa masih terus mengikuti bahkan ada yang mendekati dan berusaha memukul pelaku dengan  kayu dan batu besar.  Namun amukan massa tersebut berusaha diredam Serda Deden Saptaji.

“Saat itu, saya amankan  pelaku dari amukan massa dengan menangkis beberapa pukulan yang dilontarkan ke pelaku sambil meminta kepada massa untuk tidak main hakim sendiri. Sesampainya di Hotel, pelaku saya interograsi dan mengakui perbuatannya serta memohon untuk minta perlindungan agar jangan sampai diamuk massa," katanya.

Usai ia amankan pelaku  bersama security hotel, ia meminta security hotel menghubungi  pihak Kepolisian terdekat untuk menjemput pelaku.

Tidak lama berselang, pihak kepolisian dari polsek Cipayung datang untuk menjeput pelaku. Selanjutnya kasus Curanmor ini ditangani oleh Polsek Cipayung untuk ditindaklanjuti dan diproses lebih lanjut.

Berita Terkait